Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

There was an error in this gadget

2008/11/25

Pantai Carita

Pantai Carita

Hiking berangkat ke Pantai Carita bersama 3 teman Jen, Brent dan Carla.
Kami berangkat sekitar jam 6 pagi (29 july 2006) dari kemang pratama bekasi menggunakan taksi ke terminal bekasi timur. Dari sana kami menggunakan bis primajasa tujuan bekasi – serang – merak. Karena kami mendapat informasi dari teman kami untuk turun di serang. Tapi setelah berbicara dengan kenek bis primajasa, kenek itu memberitahu untuk turun di Cilegon karena darisana lebih dekat ke arah pantai Carita.

Setelah turun di Cilegon timur , kami menggunakan angkot berwarna ungu yang menuju simpang 3 di Cilegon. Tapi kita tidak sampai simpang 3 karena sebelum simpang 3 sudah ada angkot yang menuju ke Labuan. Ongkos yang kami bayarkan untuk angkot yang berwarna ungu sebesar Rp. 2000. Dari sana memakan waktu 1 jam untuk sampai ke Carita , kami turun di depan hotel Rakata . hotel ini setelah lippo hotel , ongkos yang kami bayarkan untuk angkot ini sebesar Rp. 10000.




Kami menginap di hotel rakata, untuk hari sabtu dan minggu harga kamar sebesar Rp. 100000 dan untuk hari biasa sebesar Rp. 80000 , harga ini untuk kamar yang menggunakan kipas angin.


Karena banyaknya isu tentang tsunami di Pantai Carita sepi sekali, hanya ada beberapa orang di pantai. Tapi itu lebih menyenangkan buat hiking soalnya enggak berisik :D. Hari pertama cukup menyenangkan disana biarpun turun hujan di sore harinya.

Malam harinya hiking dan temen temen Cuma main kartu sampai larut malam , ehehhe cukup menyenangkan permainannya, kami tidur sekitar jam 2 pagi. Esok harinya kembali kepantai lagi.





Hari senin pagi (30 july 2006) kami berangkat dari carita menuju Jakarta. Dari Carita kami menggunakan angkot labuan – cilegon yang ke arah cilegon dengan ongkos Rp. 12500 , turunnya di simpang cilegon dari sana kami menggunakan angkot warna biru menuju ke serang. Ongkosnya cukup mahal yaitu Rp 4000, tapi hiking minta kepada supir angkot supaya diturunkan di terminal serang, yang pada kenyataannya hiking tidak diturunkan di terminal serang tapi di depan pintu tol dimana banyak bis yang menuju ke Jakarta dan hiking harus membayar Rp. 2000 rupiah lagi (menyebalkan).
Dari sana hiking menggunakan bis merak bekasi (Rp 20000). Heheheheh tulisan kali ini cukup baku dan membosankan tapi ini laporan perjalanan saja semoga bisa bermanfaat yang mau pergi ke carita dengan angkot

Bekasi – Pantai Carita
1. Naik Primajasa atau Bisa Aja dari terminal bekasi timur tujuan merak dan turun di serang atau cilegon timur (ongkos pada july 2006 Rp. 20000)
2. Dari cilegon timur naik angkot berwarna ungu , bilang aja mau ke Carita nanti diturunin di simpang cilegon (ongkos pada july 2006 Rp. 2000)
3. Dari simpang cilegon cari angkot ke labuan ongkosnya sekitar 10000 – 12500 (july 2006) dan minta turun di lippo carita sekitar 1 jam ke sana
4. setelah turun terserah deh :D

Pantai Carita – Bekasi
1. Naik angkot warna perak (silver) atau setengah bus (elf) arah cilegon ongkosnya sekitar 10000 – 12500 (july 2006), turun di simpang
2. Dari sini tunggu aja tujuan Jakarta banyak soalnya atau cari angkot yang ke serang dari serang bisa langsung ke jakarta


Photo teman teman hiking yang pergi ke pantai Carita:
Jennifer Merrels


Brent


Carla
Selengkapnya...

Profil Provinsi Jawa Barat

Sub Menu : Publikasi | Statistik

Profil Provinsi Jawa Barat

Pilih Provinsi
Demografi | Ekonomi | Wisata | KBI

1. Senyuman Masyarakat Sunda

Sebagai ciri khas Jawa Barat tidak lain adalah senyum masyarakat sunda, yang selalu menyertai kemana saja kita pergi ketempat-tempat menarik yang terdapat di Provinsi ini, kalimat yang paling sesuai ditujukan bagi senyum mereka tersebut adalah keramahtamahan. Jadi sekaranglah saatnya untuk datang dan menikmati daya tarik Jawa Barat serta dijamin kegembiraannya. sekali untuk seumur hidup sebagai pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Bandung, The Paris Van Java

Perjalanan ke Jawa Barat tidak akan lengkap jika belum berkunjung ke ibukota Provinsi. Dengan kepadatan populasi lebih dari tiga juta jiwa, Bandung telah lama dikenal sebagai tempat untuk pariwisata dan memiliki berbagai macam kebutuhan fasilitas yang berstandar internasional.

Di sebelah utara terdapat Tangkuban Perahu dan di sebelah selatan dari the Paris Van Java ini terdapat Kawah Putih yang dikelilingi oleh berbagai jenis tata letak yang spektakuler, serta dapat menikmati spa dan pemandian air panas di Ciater atau Cipanas Tarogong Garut, yang berjarak sangat dekat dari Bandung.

3. Surganya Belanja

Jawa Barat merupakan tempat yang sangat menjanjikan bagi para pembelanja, terutama di Bandung. Dapat memberikan kegembiraan yang lebih dan berharap petualangan ini tidak hanya dapat ditemukan di pedagang kali lima saja yang selalu menawarkan dagangannya yang unik, hal semacam ini dapat dilakukan tawar menawar harga. Tetapi mereka tetap memiliki tempat yang cukup besar dari banyaknya tempat perbelanjaan yang telah menjamur atau pasar kedua yang selalu memberikan hal-hal mengenai gaya kebaratan namun tidak semua pertokoan menyediakan, ruang pendingin pasar swalayan yang mengikuti perkembangan gaya kebaratan, toko perbelanjaan moderen dan factory outlet.

4. Keindahan Puncak Pass

Selamat datang di daerah Puncak Pass, sebagai salah satu daya tarik Pariwisata Jawa Barat. Dari arah selatan Jakarta dapat ditempuh satu jam berkendaraan, sudah menjadi kebiasaan di setiap akhir minggu Puncak Pass digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Disamping udara pegunungan yang sejuk, juga masih banyak lagi yang dapat dinikmati, antara lain Cibodas dan Kebun Raya Bogor, Taman Nasional Gede Pangrango, beberapa perkebunan teh dan Taman Safari, ini semua hanya sebagian kelebihan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung terhadap keindahan dari Puncak Pass.

5. Cirebon Sebagai Kota Raja

Istana kesultanan, pusat dari kerajaan masyarakat Jawa Barat, suatu kesempatan untuk menyaksikan harta peninggalan yang unik dan tradisi masa lalu. Cirebon merupakan tempat pertemuan dari berbagai perbedaan percampuran yang sangat menarik dari budaya masyarakat sunda yang beragama islam, masyarakat Cina dan Hindu serta pre-Hindu. Hanya sebentar jarak yang ditempuh dari Cirebon untuk dapat ke Resort Spa Sangkuriang, disini kita dapat beristirahat dan menikmati pemandian air panas aroma terapi di Ciremai. Ini semua hanya sebagian kelebihan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung terhadap daya tarik daerah pariwisata kota raja Cirebon Jawa Barat.

6. Legenda Pelabuhan Ratu

Selamat datang di wilayah Pelabuhan Ratu, tujuan lain Pelabuhan Ratu Jawa Barat, merupakan tempat tinggal Ratu Kidul, Ratu Pantai Selatan. Hanya tiga jam jarak yang ditempuh dari Jakarta dengan berkendaran. Saat berkunjung ke pantai ini, kita dapat menikmati yaitu daerah pemandangannya seperti danau Lido yang terdapat di Kabupaten Sukabumi. Berbagai macam dapat anda lakukan disini, antar lain berkunjung ke pasar ikan, menyaksikan upacara kelautan yang unik, menyaksikan penyu yang pergi meninggalkan telurnya di pantai Pangumabahan dan jika ingin mencari petualangan, perjalanan arung jeram di Sungai Citarik akan menjadi pengalaman yang tidak dapat terlupakan.

7. Petualangan Selama di Pangandaran

Selamat datang di daerah petualangan Pangandaran, sebagai salah satu daya tarik Jawa Barat. Hanya tujuh jam berkendaraan dari Jakarta dan empat setengah jam dari Bandung, Pangandaran sebagai daerah yang memiliki keindahan memberikan pengalaman yang tidak dapat terlupakan. Disini juga dapat berenang dengan aman dan menikmati keindahan pantai, mengunjungi cadangan alam Pananjung dan green canyonnya serta beristirahat di kampung Naga. ini semua hanya sebagian kelebihan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung terhadap daya tarik daerah Pananjung.



logo Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis (Wisata >> Jawa Barat)
Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Selengkapnya...

WiSaTa

TOP INPFO
logo Kampung Naga Tasikmalaya (Budaya >> Jawa Barat)
Kampung Naga merupakan perkampungan tradisional dengan luas areal kurang lebih 4 ha. Lokasi obyek wisata Kampung Naga terletak pada ruas jalan raya yang menghubungkan Tasikmalaya - Bandung melalui Garut, yaitu kurang lebih pada kilometer ke 30 ke arah Barat kota Tasikmalaya.

logo Wisata Kabupeten Boyolali (Wisata >> Jawa Tengah)
Kabupaten Boyolali terletak di sebelah barat laut wilayah Solo. Dengan keindahan pemandangan yang mempesona di antara dua gunung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kabupaten ini memiliki potensi pengembangan yang sangat tinggi di bidang Sumber Daya Alam dan Ekowisata, yang semakin diperkuat dengan keramah-tamahan penduduk.

logo ALFRED NOBEL, Sang Penemu Dinamit (1833-1896) (Profile >> International)
Alfred Bernhard Nobel, seorang ilmuwan terkenal, penemu, pengusaha sukses dan pendiri dari Penghargaan Nobel (Nobel Prize). Ia lahir pada tanggal 21 Oktober 1833, di Stockholm, San Remo, Swedia. Ayahnya bernama Immanuel Nobel dan ibunya bernama Andriette Ahlsell Nobel berkebangsaan Swedia. Ayahnya seorang ahli teknik dan penemu, kemampuan ayahnya inilah yang kelak akan diwariskan pada Alfred.

logo KHUFU (CHEOPS) (± ABAD KE 26 SM) (Profile >> International)
Cheops atau Khufu, Firaun (Raja) Mesir kedua dari dinasti keempat adalah orang pertama yang membangun Piramida Agung Giza. Anak dari Firaun Sneferu dan Ratu Hetperes ini berkuasa pada tahun 2551-2528 sebelum Masehi. Untuk membangun Cheops diperlukan 2.300.000 batu dengan berat rata rata perbatu adalah 2.5 ton. Dibangun dengan batu kapur dan granit, piramid ini memiliki tingi 147 meter.

logo CHARLES BABBAGE (1792-1871) (Profile >> International)
Charles Babbage (26 Desember 1791 – 18 Oktober 1871) adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.

logo Venesia (Venice) Italia (Wisata >> International)
Venesia (bahasa Inggris: Venice, bahasa Italia: Venezia, bahasa Veneto: Venexia) adalah ibu kota regione Veneto dan Provinsi Venesia di Italia. Kota ini memiliki luas wilayah 412 km² dan populasi 271.663 jiwa (2003). Venesia dikenal dengan sebutan "La Dominante", "Serenissima", "Queen of the Adriatic", "City of Water", "City of Bridges", and "The City of Light".

logo Mount Everest (Gunung Everest) Gunung tertinggi di Dunia (Wisata >> International)
Mount Everest atau Gunung Everest disebut juga Chomolungma atau Qomolangma (bahasa Tibet) atau Sagarmatha (Bahasa Nepal) adalah gunung tertinggi di dunia bila diukur dari ketinggian puncak hinggda di atas laut, yang berarti setinggi 8,848 meters atau 29,029 raya. Gunung yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya ini terletak di perbatasan antarara Sagarmatha Zone, Nepal and Tibet, China.

logo Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis (Wisata >> Jawa Barat)
Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

logo Masjid Agung Semarang / Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) (Wisata >> Jawa Tengah)
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang dibangun pada tahun 2001 sampai dengan 2006 ini berada di kawasan Semarang Timur, tepatnya berlokasi di Jalan Gajah Semarang. Masjid yang megah dan spektakuler ini berdiri di atas lahan 10 hektare dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti convention hall (auditorium), souvenir shop, pujasera, gedung perkantoran, perpustakaan, dan menara pandang.

logo Archimedes (287 – 212 SM) (Profile >> International)
Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM) Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar sejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.

Hal: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Selengkapnya...

UJUNG GENTENG - JAWA BARAT

1 11 2006

Taun kemaren, tepatnya tgl 9 Des 05, gw barengan tmn2 baru dari milis Indonesia Geographic pergi plesiran ke ujung selatannya jawa barat, yaitu ke daerah Ujung Genteng (pesisir Kecamatan Ciracap Kecamatan Waluran selatan Kabupaten Sukabumi). Perjalanan darat yang menempuh waktu lebih kurang 7 jam dari jakarta, terasa sangat singkat karena kita berangkat malam hari dari jakarta dan tau2 pagi hari udh sampe di penginepan yang kebetulan ada di depan laut.

Image Hosted by ImageShack.us

Sampe disana kita langsung siap2 ke lokasi wisata pertama yaitu Cikaso tuk liat aer terjun. Disana ada tiga air terjun yg cuakep banget kl difoto (sayangnya, kamera gw ga mampu motret ketiganya sekaligus). Ga puas liat2, gw akhirnya memutusnya tuk nyebrang ke tengah sungai trus nangkring di salah satu batu supaya bisa liat air terjun dari deket. Setiap batu yg ada disitu penuh dengan lumut2 hijau yg akhirnya nempel dibaju gw dan susah hilang walopun udh dicuci berkali2 serta sempat bikin gw kepleset.

Image Hosted by ImageShack.us Image Hosted by ImageShack.us


Selengkapnya...

BOSSCHA - JAWA BARAT

7 11 2006

Dulu gw pengen banget jadi astronot. gw menghayalkan pergi keluar angkasa liat planet lain. gw berangan2 punya kamar diloteng dengan genteng terbuka plus teropong bintang didalemnya. tp sayang, sampe skr blm ada yg kesampean. makanya pas tau indonesia punya teropong bintang segede yg dilembang ini, gw buru2 mnuju kesana. pertama kali kdatangan kita ditolak. karena kl mo ksana musti janjian dl, plus dikelompok2in sama pihak observatorium jadi ga bs dateng sendiri2.

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut wikipedia, observatorium merupakan tempat yang isinya teleskop (alat lihat benda langit). Teleskop tsb biasanya terletak di dalam bangunan dengan atap kubah yang dapat dibuka tutup. Dan Observatorium Bosscha adalah salah satu observatorium penting di belahan bumi bagian selatan dan katanya pernah menjadi observatorium satu-satunya di kawasan khatulistiwa.

Read the rest of this entry »

Popularity: 11% [?]


Selengkapnya...

West Java Invitational Golf Tournament/Sport Tourism


B e r i t a


2008-09-02 01:56:20
The 1st West Java Invitational Golf Tournament/Sport Tourism dan Kampanye Sadar Wisata
Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata di Indonesia, harus memiliki produk wisata dan event pariwisata yang berkualitas , berdaya saing tinggi sehingga mampu berpacu pada kompetisi di tingkat global. Penyelenggaraan kepariwisataan harus pula diarahkan dengan merancang bangun kekuatan melalui pendekatan event pariwisata baik skala nasional maupun internasional sebagai kekuatan fundamental.

Oleh karena itu program – program prioritas pembangunan pariwisata dalam kerangka mewujudkan Jawa Barat sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata atau Destinasi yang memiliki daya saing tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional harus mampu mewujudkan langkah – langkah nyata, terukur dan membawa manfaat bagi kepentingan masyarakat luas, pembangunan ekonomi serta memiliki arti penting dan strategiis dalam rangka mensukseskan ”Visit Indonesia 2008” dan ”Visit West Java 2008” melalui the 1st West Java Invitational Golf Tournament yang diselenggarakan di Bandung Giri Gahana Golf Jatinangor Kabupaten Sumedang dan Kampanye Sadar Wisata Daerah dengan tema ”Green Fest” di TAHURA Ir. H. Juanda Kabupaten Bandung pada tanggal 8 s/d 9 Agustus 2008.

The 1st West Java Invitational Golf Tournament diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri antara lain : duta – duta besar negara sahabat, Muspika, stakeholder usaha pariwisata yang berjumlah sebanyak kurang lebih 90 orang. Duta besar yang mengikuti acara the 1st West Java Invitational Golf Tournament yaitu : Charge d’ Affaires Ad Interim Delegation of The European Commission, Ambassador Embassy of The Republic of Turkey, Ambassador Embassy of Belgium, Ambassador Embassy of The Republic of Panama, Ambassador Embassy of The Republic of Philipines, Ambassador Embassy of Lebanon, Ambassador Embassy of The Republic of Zimbabwe, Ambassador Embassy of Brunei Darussalam, Deputy Chief of Mission Embassy of Mexico, First Secretary Embassy of The Democratic of Timor Leste, Defence Attache Ambassador Embassy of People’s Republic of China sedangkan peserta dari dalam negeri antara lain Riung Priangan, PGI serta muspika Kabupaten Sumedang dan lain – lain. Penyelenggaraan the 1st West Java Invitational Golf Tournament diikuti pula dengan ladies program yaitu keluarga dan Ibu – ibu dari dari para duta besar yang sedang mengikuti golf tournament yang mengunjungi Green Fest di Tahura.

Tujuan diselenggarakannya event the 1st West Java Invitational Golf Tournament sebagai sport tourism selain untuk mensukseskan Visit Indonesia 2008 dan Visit West Java 2008, juga untuk lebih memperkenalkan pariwisata Jawa Barat yang pada gilirannya dapat meyakinkan dunia internasional bahwa Jawa Barat sangat kaya dengan potensi pariwisata serta dengan keramah tamahannya warga Jawa Barat dapat mendorong dan meningkatkan investasi industri pariwisata selain itu juga setelah selesai event tersebut paling tidak dapat dijadikan sebagai media informasi dan promosi pariwisata Jawa Barat ke negara masing – masing dan dengan diikutinya pada waktu yang bersamaan dengan event Kampanye Sadar Wisata Jawa Barat dengan tema ”Green Fest” yang lebih dititik beratkan pada wisata ekologi atau wisata lingkungan dan lebih bernuansa ”Back to Natural” berupa pameran, tampilan kesenian daerah Jawa Barat dari saung angklung Mang Ujo dengan alat – lat musik yang terbuat dari bambu serta pemahaman tentang pariwisata/Sapta Pesona , pelestarian lingkungan sehingga dengan adanya kunjugan ladies program dari ibu – ibu duta besar dan masyarakat Jawa Barat dapat meyakinkan mereka dan dunia internasional bahwa pembangunan pariwisata Jawa Barat lebih mengedepankan pembangunan pariwisata yang berwawsan lingkungan.dan sekaligus juga sebagai salah satu ajang promosi Tahura sebagai obyek dan daya tarik wisata dan pariwisata Jawa Barat dalam kerangka globaliasai industri pariwisata Jawa Barat yang memiliki daya saing tinggi baik dilihat dari segi produk wisata maupun event – event pariwisata yang berskala nasional dan internasional.




Selengkapnya...

Wisata Alam di Jawa Barat

Wisata alam di Jawa Barat

Tiga hari libur kemarin diwarnai dengan wisata alam ke beberapa objek wisata di sekitaran Bandung, Jawa Barat. Awalnya, saya berencana ke Irian untuk menghadiri acara aqiqah keponakan pertama saya, Ferisha Nabila Sugiarto, di Irian hari Jumat siang. Namun, apa daya. Pesawat tidak ada yang berangkat Kamis malam. Saya akhirnya ke Bandung. Kebetulan hari Kamis sore, teman sekantor menelpon saya. Dia mau ikut ke Bandung. Dia berencana berwisata ke Tangkuban Parahu dan Kawah Putih. Hmmm.... kenapa nggak. Saya yang tinggal bertahun2 di Bandung saja nggak pernah ke sana. Ya sudah. Akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Bandung keesokan harinya.

Hari Jumat, kami beli tiket ke Stasiun Gambir. Eh, ternyata kereta full. Akhirnya kami ambil keberangkatan jam 14.30. Soalnya kan harus Jumatan dulu. Sesampainya di Bandung, saya ke BEC untuk membeli handphone untuk Ayahanda tercinta. Dari sana, saya makan malam di warung Sunda, Ampera. Saya ambil buntil. Hmmm… sudah lama saya tidak mencicipinya. Setelah itu, berlanjut ke Factory Outlet untuk membeli kaos titipan teman, dan membeli sandal di Donatello. Sedang ada promo “Buy 1 Get 1 Free”. Siapa yang tidak tergiur coba ;p Malam semakin larut, saya pun pulang sambil membeli susu murni yang sangat sulit saya temui di Jakarta.

Hari Sabtu, saya ke Tangkuban Parahu. Akhirnya. Seperti namanya, gunung itu dinamakan demikian karena dari kejauhan (terutama dari Bandung) gunung itu seperti perahu yang tertelungkup (nangkub dalam bahasa Sunda). Mobil hampir saja overheat di sekitar Ledeng. Maklum. Mobil Daihatsu lama katanya memang suka begitu kalau melewati tanjakan, apalagi ditambah macet. Kejadian itu berulang lagi menjelang Tangkuban Parahu. Alhamdulillah akhirnya kami sampai juga. Bau belerang sudah menyapa kita sesaat menjelang bibir kawah. Subhanalloh. Indah sekali pemandangan dari atas sana. Seharian kami habiskan di sana sambil berfoto2. Menjelang sore, kami melanjutkan perjalanan menuju Kawah Putih. Namun tak disangka perjalanan memakan waktu sangat lama. Macet…!!! Mungkin saking banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bandung di musim liburan kali ini. Akhirnya kami batalkan rencana semula. Saya memutuskan untuk belanja selimut di Pasar Baru titipan Ibunda di Irian sana ^_^

Hari Minggu, saya berangkat ke Kawah Putih. Tadinya sih mau berangkat jam 7. Tapi karena ngantuk dan hujan, saya tunda keberangkatannya jadi jam setengah 10. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Masya Alloh. Indah banget. Saya melihat potongan surga di sana. Danaunya, alamnya, hutannya, hawanya, lengkap deh. Saya sibuk memotret sana sini. Tidak lama di sana, hujan menyerang. Sambil menunggu agak reda, saya menikmati bajigur (minuman dari santan bergula merah) dan ulen (ketan bakar pakai oncom khas Sunda).

Perjalanan saya lanjutkan ke Situ Patenggang. Tidak saya rencanakan sebelumnya. Tapi teman saya yang mobilnya saya sewa, Iman, bilang kalau tempat itu bagus. Demi menjawab rasa penasaran, saya akhirnya meluncur ke sana. Sebelum tiba di sana, Ya Alloh, saya disuguhi pemandangan hamparan kebun teh teramat indah. Begitu saya sampai Situ Patenggang…. Deggg… saya terperanjat. Indah sekaliii…. Alloh Maha Agung. Benar2 indah. Tak terbayangkan sebelumnya. Meskipun sedikit hujan, tapi tidak mengurungkan niat saya mencapai pulau cinta dan melihat batu cinta yang melegenda di masyarakat sekitar dengan menumpang sampan. Mengingat sudah jam 3, kami harus segera pulang untuk mengejar kereta jam setengah 7 malam.

Di perjalanan pulang, kami melintasi kebun strawberry yang sangat luas di Rancabali, antara Ciwidey dan Kawah Putih. Kami mampir sebentar untuk memetik strawberry sepuasnya. Bayar? Sudah barang tentu. Tanpa terasa, kami baru meninggalkan Rancabali sekitar jam setengah 5. Akhirnya kami sampai di Stasiun jam 6 lebih.

Tiket sih masih ada, tapi untuk yang berdiri. Setelah menelpon travel sana sini, akhirnya saya dapat tiket travel yang ke arah Ciputat jam 8 malam. Daripada nggak pulang, mending kemaleman :D Sebelum pulang makan dulu di Bandoengsche Melk Centrale, pusat persusuan semenjak jaman Belanda. Yoghurtnya enak lho.

Walaupun sedikit terlambat, akhirnya saya sampai di kosan jam setengah 11 malam. Fiuuhh, capek juga. Tapi Alhamdulillah menyenangkan. Kesan liburan yang luar biasa. Sampai2 terbawa mimpi. Kapan ya bisa traveling ke tempat2 bagus lagi di Indonesia?

Selengkapnya...

Wisata Jawa barat

SAUNG ANGKLUNG UDJO - JAWA BARAT

31 05 2007

Image Hosted by ImageShack.us

Bertempat di Jl. Padasuka 118 Bandung, Saung Mang Udjo ini berhasil membawa nuansa yang berbeda dari berbagai pagelaran musik yang biasa kita lihat. dengan alat musik yang bernama angklung, Mang Udjo mengajak anak2 dan remaja sekitar untuk turut melestarikan alat musik ini dengan langsung berkreasi mengumandangkan lagu2 baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer macam lagu ciptaan Queen. paduan suara angklung tsb kemudian di kombinasi jg dengan tari2an yang tak jarang membuat kita berdecak kagum dan tidak pernah menyangka gabungan para angklung tsb menghasilkan suara2 nan harmoni dan sangat menarik untuk disimak.

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »

Popularity: 32% [?]



KAWAH PUTIH CIWIDEY - JAWA BARAT

5 12 2006

Seperti yang diungkapkan oleh sebuah sumber dari internet, kawah ini (2.194m dpl) sebenarnya terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad X dan XII silam. Gunung Patuha, atau sering jg disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Gunung Sepuh (Pak Tua), memiliki ketinggian 2.434m diatas permukaan laut dan bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius.

Image Hosted by ImageShack.us

Air kawah ini katanya sedikit berbeda dengan kawah lain di Jawa Barat. warna air yang terang dan selalu berubah2 akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih, sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai kawah putih. beberapa peneliti mengatakan bahwa gunung patuha masih aktif, sehingga ditemukan beberapa pancaran kawah yang masih bergejolak. didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai sebagai tambang belerang. tak heran jika beberapa kawah tiba2 beruap banyak, dan pengunjung didapati terbatuk2 akibat menghirup hawa belerang yang berbau sangat tajam.

Read the rest of this entry »

Popularity: 35% [?]



SITU PATENGAN - JAWA BARAT

5 12 2006

Tak jauh dari Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Rancabali sekitar 47 km selatan Kota Bandung terdapat sebuah kawasan sejuk dikelilingi kebun teh Rancabali yang bernama Situ Patengan (Danau Patengan). Entah bagaimana awalnya, areal seluas 150 Ha ini untuk beberapa orang (termasuk gw) lebih sering disebut sebagai Situ Patenggang.

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut keterangan yang kita baca di lokasi, dikisahkan bahwa nama Situ Patengan berawal dari istilah sunda yaitu Pateangan-teangan yang berarti saling mencari. Masyarakat sekitar bermitos bahwa dahulu kala hiduplah seorang putra prabu bernama Ki Santang dan Putri titisan dewi bernama Dewi Rengganis yang saling mencintai namun terpisah sekian lamanya. Read the rest of this entry »

Popularity: 24% [?]



PAINT BALL - JAWA BARAT

4 12 2006

Mungkin sebagian dari kamu dulu pas masih kecil pernah menghayal jadi tentara. pasti pengen tau kan, rasanya ngerayap dihutan, bawa bedil, trus ngintai musuh dari balik pohon. nah, kl kalian penasaran, coba deh sekali2 main Paintball.

Image Hosted by ImageShack.us

Beberapa hari lalu gw gabung sama tim outbound kantor tuk ikutan main di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago-Bandung). Dalam permainan ini, simulasi dibuat persis seperti di medan perang. kita masuk hutan, dipakein kostum ala prajurit perang, dikasi masker pengaman, dan dikasih senjata angin berpeluru bola yg kalo kena lawan dan pecah akan mengeluarkan warna2 tertanda anda sudah kena tembak.

Read the rest of this entry »

Popularity: 26% [?]



BANDUNG - JAWA BARAT

10 11 2006

Bandung sebage ibu kota Jawa Barat, menyimpan segudang cerita, baik tuk orang2 yang pernah tinggal di masa lampau, maupun para remaja remaji yang lagi seneng2nya begaul. Bandung itu ga cuma kota bersejarah, tp jg tempat yang asik bangat buat nongkrong. disana banyak banget koleksi baju2 FO yang muat buat gw (yang badannya geda), makanannya banyak dan enak2, dan banyak spot yang bs buat ngenet gratis. dulu gw benci banget ke bandung soalnya musti naek turun gunung. skr sejak ada tol cipularang dan jasa travel yang ngetem dimana2, kita bs aja pulang pergi bandung cuma buat jalan doang dalam satu hari (dari jkt cuma 2 jam bho). tolnya sih lancar, tp gara2 tol itu pula akhirnya kl weekend bandung ruame banget. baru keluar tol udh kena macet.

Image Hosted by ImageShack.us

Ngomongin Bandung pasti jadi keingetan Gedung Sate. Selain sebage landmark kota Bandung sebetulnya gedung yang mulai dibangun tahun 1920 ini sejak tahun 1980 dipake sebage pusat pemerintahan Gubernur Propinsi Jawa Barat. Read the rest of this entry »

Popularity: 45% [?]



LINGGARJATI - JAWA BARAT

9 11 2006

Waktu itu, 30 Nov 2004, pas dines ke cirebon, gw diajak mampir ke Gedung Perundingan (Museum) Linggarjati. lokasi yang beradadikaki gunung Ciremai antara cirebon dan kuningan jawa barat ini merupakan tempat dilangsungkannya perundingan antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946. Di dalam bangunan tua seluas 800 m persegi ini tertata kursi2 dan meja2 yang konon dipake tuk perundingan dan diorama perundingan yang dibuat tahun 1986. Delegasi yang waktu itu hadir antara lain Perdana Menteri Sutan Sjarir, Mr Susanto Tirtoprodjo, Dr AK Gani, dan Mr Mohammad Roem dari Indonesia dan Dr Van Mook, Mr Van Pool, Dr F De Boer dan Prof Dr Shermerhorn dari Belanda.

Image Hosted by ImageShack.us

Sebelum diresmikan menjadi museum (1976), dulu bangunan ini pernah dijadikan hotel bernama Rustoord (1935), Hotel Hokay Ryokan (1942), Hotel Merdeka (1945) dan SD Negeri Linggarjati (1975). beneran sih, disana emang masih ada ruang2 yang berisi tempat tidur disertai kamar mandi yang berhasil bikin gw bergidik.

Read the rest of this entry »

Popularity: 25% [?]



LITTLE FARMERS - JAWA BARAT

8 11 2006

Pengen belajar jadi petani, or pengen belajar jadi peternak, or cuma sekedar liat2 kebun sambil metik buah2an dan minum jus strawberi? kl jawabannya iya, segera deh cari kendaraan trus pergi ke arah bandung. Tepatnya di Jl. kolonel masturi cisarua di kaki gunung tangkuban perahu dan gunung burangrang, kalian bs nemuin wilayah seluas 5 hektar yang sudah ditanami berbagai tanaman siap tanam dan petik serta ditempati hewan2 ternak nan ndut dari mulai ular, sapi, domba, kelinci sampe cacing buat bikin pupuk.

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 27% [?]



SITU GUNUNG - JAWA BARAT

7 11 2006

Situ Gunung (situ dalam bahasa sunda artinya danau) merupakan kawasan wisata alam yang terletak di kaki gunung pangrango (dengan ketinggian 900-1036m diatas pmukaan laut) dan berjarak 15 km dari kota sukabumi. selain merupakan daerah perkemahan/tempat tracking (biasa dipake outbound juga), tnyata di bagian puncak terdapat tempat bernama Batu Belah dengan air terjun cimaracun yang dipercaya keramat (sayang, gw waktu itu ga sampe kesana). dinamakan cimaracun karena orang2 setempat percaya bahwa airnya beracun, dan setelah diteliti air tsb berasal dari lava sulfur gunung gede yang meletus beberapa tahun lalu.

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 28% [?]


Selengkapnya...

Wisata di Jawa Barat

Kategori:Tempat wisata di Jawa Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Artikel dalam kategori "Tempat wisata di Jawa Barat"

Kategori ini memiliki 15 halaman, dari total 15.

C

D

J

K

M

P

Selengkapnya...

Selengkapnya...

Tempat Wisata di Jakarta

Visit Indonesia 2008



1. Taman Wisata Jaya Ancol

menjelang hari libur atau libur nasional. Berbagai maInilah tempat wisata yang paling akrab di kunjungi oleh warga Jakarta, selalu ramai pengunjung cam hiburan tersedia baik untuk anak maupun orang tua di lahan seluas 522 hektar.
Mulai dari pintu masuk ancol pengunjung dapat memilih masuk dufan yang terkenal dengan wahana permainannya, gelanggang samudra, gelanggang renang, pantai, pasar seni, tempat mancing, tempat mojok^^, dan masih banyak lagih.



2.



Kebun binatang Ragunan
Ini juga tempat yang akrab untuk warga jakarte. Ragunan biasanya ramai di kunjungi pada hari-hari libur. Ajak saudaramu, tante, kakek, si elies juga. Untuk menikmati hutannya yang hampir 30.000 tanaman rerumputan dan pepohonan dari sekitar 250 jenis yang berbeda melengkapi taman serbaguna ini. Tanaman hias seperti Bougenvil, Lolipop dan Kembang sepatu memenuhi lansekap Taman Margasatwa Ragunan. Ada acara Tour Pendidikan, Sarasehan, Kesejahteraan Satwa, aktifitas rutin seperti memberi makan satwa dan aktifitas menyenangkan lainnya.
Hubungi kantornya setiap hari Senin sampe Jumat jam 10:00-15:00, Sabtu jam 10:00-13:00. Harga Tiketnya mayan murah kok cuma Rp. 3.000 anak anak Rp. 2.000. Gua ada bocoran nih buat yang mau ngasi makan buaya datengnya Jam makan Buaya - Hari Rabu dan Sabtu, Jam makan Cormoran - Tiap hari jam 11:00 WIB, Jam makan dan sikat gigi Kuda Nil - Tiap hari. Siapa tahu lo bisa bertemen sama mereka.


3. T
aman Mini Indonesia Indah

Taman Rekreasi ini di bangun tahun 1972 dan diresmikan oleh Almarhum Soeharto 7 april 1975. TMII yang memiliki luas 120 hektar menyuguhkan kepada pengunjungnya kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Bagi kamu yang suka jalan-jalan cocok banget deh ke taman mini. Liat-liat museum keprajuritan, desa wisata dan lain lain


4. Monas
Tugu Monas ini didirikan pada tahun 1960. Bentuk monas sangat unik sebuah batu obelik yang terbuat dari marmar yang berbentuk lingga yoni simbol kesuburan ini tingginya 137 meter.
Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Lidah api atau obor ini sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin mencapai kemerdekaan. Dibangun diareal seluas 80 hektar.Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan F. Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno. Resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.
Monas mengalami lima kali pergantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Monas dibuka setiap hari senin sampai sabtu jam 09.00-16.00, kalau hari minggu pagi banyak warga jakarta yang olahraga di monas. Sejak di bangunnya lapangan futsal dan basket (gratis untuk warga bermain) banyak remaja yang bermain disana. Khusus untuk ibu-ibu ada senam kesegaran jasmani. Ada juga tempat kumpulnya sepeda ontel, sepeda balap, sepeda gunung, klub motor, atau mo main layangan aja.
5. Taman Ismail Marzuki
TIM diresmikan Tanggal 10 Nopember 1968 oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin kini dikenal sebagai Taman Ismail Marzuki. Tempatnya pementasan drama, pagelaran orkes simfoni, pertunjukan tari, pantomim, pameran lukisan hingga pameran karya-karya sastra HB. Jassin, serta diskusi kesenian ikut menyemarakkan dalam acara peresmian tersebut.
Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM)
Jalan Cikini Raya 73
Jakarta Pusat 10330
Phone: 021 - 2305147, 337530

Fax: 021 - 2305146, 337530
6. Taman Bermain senayan
Tempat bermain untuk anak-anak


Selengkapnya...

TAMAN MINI INDONESIA INDAH - DKI JAKARTA

TAMAN MINI INDONESIA INDAH - DKI JAKARTA

1 11 2007

Saat menulis ttg Taman Mini Indonesia Indah, jadi ingat masa kecil. saat itu belum zamannya anak2 maen ke mall spt sekarang. dengan berbekal tikar, termos, dan rantang, bokap ngajak kita piknik ke taman mini. setelah berputar2 di area mirip miniatur Indonesia ini (lengkap dengan rumah2 adat dan danau buatan berpulau2 kecil mirip peta Indonesia), akhirnya kita memilih salah satu museum yang punya taman lumayan luas dan murah meriah tiket masuknya, yaitu museum prangko. dsana kita pun santap siang bersama dibawah sebuah pohon rindang. selain itu gw paling seneng kl diajak ke istana anak2. selain adem karena ber-ac, disana sering diadakan pertujukan boneka dan sulap serta terdapat “telpon umum” dimana kita bs mendengarkan beberapa dongeng rakyat dari gagang telponnya. belum lagi di dekatnya ada wahana permainan anak2, kereta api mini, plus perpustakaan kecil berkarpet nan sepi yang lengkap dengan berbagai buku cerita.

Image Hosted by ImageShack.us

Yah, itu sebagian cerita gw dulu sewaktu gw masih SD. trus bagaimana dengan taman mini saat ini? sebenernya sih taman mini masih termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi, terutama saat liburan anak2 sekolah. mereka biasa datang berbondong menggunakan bis. wahananya pun skr sudah banyak bertambah, terutama jumlah museumnya. hanya saja yang aga menyedihkan, suasana taman mini kini tidak lagi seindah dulu. entah karena sudah kesaing sama tempat2 wisata baru lainnya, atau karena terlihat lebih gersang, aga kering air danaunya, dan beberapa anjungan terlihat kurang terawat. dan satu lagi, jumlah anjungan daerahnya blm sesuai jumlah propinsi di Indonesia saat ini (katanya sih lg dibangun).

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »

Popularity: 100% [?]



MUSEUM BANK INDONESIA - DKI JAKARTA

23 10 2007

Kalo jalan2 ke kota tua Jakarta, persis di sebelah Museum Bank Mandiri, terdapat gedung yang dulunya dipakai sebagai kantor Bank Indonesia yang kini dapat pula dinikmati oleh kita2. Museum Bank Indonesia pertama kali dibuka tanggal 15 Desember 2006 dan kini menawarkan berbagai fasilitas yang mungkin belum pernah ada di museum lain Indonesia, antara lain Ruang Peralihan yang berisi permainan interaktif menggunakan proyektor khusus dengan serangkaian mata uang melayang yang dapat ditangkap oleh pengunjung.

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut sejarahnya, Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral telah berdiri sejak tahun 1953. Dan hingga kini BI merasa masyarakat yang belum memahami sepenuhnya peran bank sentral di Indonesia. Untuk itu, gedung BI di Jl. Pintu Besar Utara No.3 (Jakarta Kota) yang dulunya merupakan peninggalan De Javasche Bank dan telah ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya ini, melalui pembangunan yang bertahap, kini tidak hanya dilestarikan tp juga dikembangkan menjadi sebuah museum sebagai salah satu wahana rekreasi yang bersifat edukatif.

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 97% [?]



KAMPOENG CINA - DKI JAKARTA

19 02 2007

Image Hosted by ImageShack.us

Maraknya perayaan Imlek tahun ini (18/02), tidak hanya milik klenteng2 cina di semarang ato pusat perbelanjaan di kelapa gading, tapi juga Kampoeng Cina di Kota Wisata Cibubur. tempat yang menjual beragam pernak pernik khas orang tionghoa ini menyajikan atraksi naga dan barongsai yang tak hanya menghibur tapi jg berhasil menyedot buanyak banget pengunjung. gw aja yang baru pertama kali kesana, nyaris kapok dibuatnya. gimana engga, ramenya ngalain dufan! orang2 padat berkeliling membeli jajanan, belanja, ato cuma duduk2 gelar tiker sambil makan siang. yang paling fenomenal adalah, pengunjung nyaris ga ada orang cinanya! mereka tnyata masyarakat sekitar yang sepertinya emang niat piknik di tempat ini. sampe jalanan masuk kawasan cibuburpun dibuat macet beberapa kilometer.

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »

Popularity: 59% [?]



KOTA TUA - DKI JAKARTA

19 10 2006

Jalan2 di jakarta tu ga ada abisnya. kl skr lu bingung cari tempat maen dan mentoknya ke mall melulu, kynya udh saatnya lu merubah arah perjalanlu ketempat2 lain yg sebenernya ga kalah menarik dan bermanfaat. Kebetulan jakarta punya sekitar 60 museum dengan 7 diantaranya dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Image Hosted by ImageShack.us

Sekali itu gw pernah berkesempatan ikut tournya Sahabat Museum dengan judul Plesiran Tempo Doeloe ke Bank Djadoel di Batavia tgl 28 Agustus 2005. Walopun jalan kaki panas2 keliling kota, tp gw seneng. kapan lagi gw bs masuk ke gedung2 yg kl lewat sekilas pasti gw ga bakalan tertarik tuk masuk.

Read the rest of this entry »

Popularity: 58% [?]



PULAU SERIBU - DKI JAKARTA

18 10 2006

Sebagai cewe yang ngakunya pecinta laut, ga mungkin banget gw melewatkan tawaran tuk ikut sama anak2 explore indonesia kemping ke kepulauan seribu. Tepatnya tanggal 25 Juni 2005, gw ber4 bareng shanti, ferry dan hilmy nekat pegi tuk menjelajahi lautan. berbekal keyakinan penuh dan harapan yg terlalu tinggi (karena sempet salah dermaga, hehehe) berangkatlah kita dari pante mutiara naek kapal pribadinya siapa gitu yg disewa. berangkat pagi2 buta, ampe sana kapalnya telat pula lantaran surat2 ijin kapalnya ga kunjung lengkap (halah kok bisa?!).

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 36% [?]



TANJUNG PRIOK - DKI JAKARTA

16 10 2006

Image Hosted by ImageShack.us

Ketika itu, dipertengahan abad ke-18, tak lama setelah dibukanya terusan Suez (1869), tersebutlah sebuah pelabuhan baru yaitu tanjung priok yang dibangun sekitar 15 km dari sunda kelapa. saat itu batavia sedang gencar2nya menghadapi saingan singapura yang baru saja dibangun oleh raffles, dan pelabuhan sunda kelapa tidak lagi mampu menampung kapal2 uap yang singgah.

Read the rest of this entry »


Popularity: 34% [?]



MONAS - DKI JAKARTA

16 10 2006

Image Hosted by ImageShack.us

Lu tau kan. kl dijakarta itu ada yang namanya monumen nasional alias monas. kata orang pemerintahan disini, dibilang kl monas ato Tugu Peringatan Nasional merupakan salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat melawan penjajah Belanda.

Read the rest of this entry »

Popularity: 38% [?]


Selengkapnya...