Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/25

TAMAN MINI INDONESIA INDAH - DKI JAKARTA

TAMAN MINI INDONESIA INDAH - DKI JAKARTA

1 11 2007

Saat menulis ttg Taman Mini Indonesia Indah, jadi ingat masa kecil. saat itu belum zamannya anak2 maen ke mall spt sekarang. dengan berbekal tikar, termos, dan rantang, bokap ngajak kita piknik ke taman mini. setelah berputar2 di area mirip miniatur Indonesia ini (lengkap dengan rumah2 adat dan danau buatan berpulau2 kecil mirip peta Indonesia), akhirnya kita memilih salah satu museum yang punya taman lumayan luas dan murah meriah tiket masuknya, yaitu museum prangko. dsana kita pun santap siang bersama dibawah sebuah pohon rindang. selain itu gw paling seneng kl diajak ke istana anak2. selain adem karena ber-ac, disana sering diadakan pertujukan boneka dan sulap serta terdapat “telpon umum” dimana kita bs mendengarkan beberapa dongeng rakyat dari gagang telponnya. belum lagi di dekatnya ada wahana permainan anak2, kereta api mini, plus perpustakaan kecil berkarpet nan sepi yang lengkap dengan berbagai buku cerita.

Image Hosted by ImageShack.us

Yah, itu sebagian cerita gw dulu sewaktu gw masih SD. trus bagaimana dengan taman mini saat ini? sebenernya sih taman mini masih termasuk tempat wisata yang ramai dikunjungi, terutama saat liburan anak2 sekolah. mereka biasa datang berbondong menggunakan bis. wahananya pun skr sudah banyak bertambah, terutama jumlah museumnya. hanya saja yang aga menyedihkan, suasana taman mini kini tidak lagi seindah dulu. entah karena sudah kesaing sama tempat2 wisata baru lainnya, atau karena terlihat lebih gersang, aga kering air danaunya, dan beberapa anjungan terlihat kurang terawat. dan satu lagi, jumlah anjungan daerahnya blm sesuai jumlah propinsi di Indonesia saat ini (katanya sih lg dibangun).

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »

Popularity: 100% [?]



MUSEUM BANK INDONESIA - DKI JAKARTA

23 10 2007

Kalo jalan2 ke kota tua Jakarta, persis di sebelah Museum Bank Mandiri, terdapat gedung yang dulunya dipakai sebagai kantor Bank Indonesia yang kini dapat pula dinikmati oleh kita2. Museum Bank Indonesia pertama kali dibuka tanggal 15 Desember 2006 dan kini menawarkan berbagai fasilitas yang mungkin belum pernah ada di museum lain Indonesia, antara lain Ruang Peralihan yang berisi permainan interaktif menggunakan proyektor khusus dengan serangkaian mata uang melayang yang dapat ditangkap oleh pengunjung.

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut sejarahnya, Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral telah berdiri sejak tahun 1953. Dan hingga kini BI merasa masyarakat yang belum memahami sepenuhnya peran bank sentral di Indonesia. Untuk itu, gedung BI di Jl. Pintu Besar Utara No.3 (Jakarta Kota) yang dulunya merupakan peninggalan De Javasche Bank dan telah ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya ini, melalui pembangunan yang bertahap, kini tidak hanya dilestarikan tp juga dikembangkan menjadi sebuah museum sebagai salah satu wahana rekreasi yang bersifat edukatif.

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 97% [?]



KAMPOENG CINA - DKI JAKARTA

19 02 2007

Image Hosted by ImageShack.us

Maraknya perayaan Imlek tahun ini (18/02), tidak hanya milik klenteng2 cina di semarang ato pusat perbelanjaan di kelapa gading, tapi juga Kampoeng Cina di Kota Wisata Cibubur. tempat yang menjual beragam pernak pernik khas orang tionghoa ini menyajikan atraksi naga dan barongsai yang tak hanya menghibur tapi jg berhasil menyedot buanyak banget pengunjung. gw aja yang baru pertama kali kesana, nyaris kapok dibuatnya. gimana engga, ramenya ngalain dufan! orang2 padat berkeliling membeli jajanan, belanja, ato cuma duduk2 gelar tiker sambil makan siang. yang paling fenomenal adalah, pengunjung nyaris ga ada orang cinanya! mereka tnyata masyarakat sekitar yang sepertinya emang niat piknik di tempat ini. sampe jalanan masuk kawasan cibuburpun dibuat macet beberapa kilometer.

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »

Popularity: 59% [?]



KOTA TUA - DKI JAKARTA

19 10 2006

Jalan2 di jakarta tu ga ada abisnya. kl skr lu bingung cari tempat maen dan mentoknya ke mall melulu, kynya udh saatnya lu merubah arah perjalanlu ketempat2 lain yg sebenernya ga kalah menarik dan bermanfaat. Kebetulan jakarta punya sekitar 60 museum dengan 7 diantaranya dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Image Hosted by ImageShack.us

Sekali itu gw pernah berkesempatan ikut tournya Sahabat Museum dengan judul Plesiran Tempo Doeloe ke Bank Djadoel di Batavia tgl 28 Agustus 2005. Walopun jalan kaki panas2 keliling kota, tp gw seneng. kapan lagi gw bs masuk ke gedung2 yg kl lewat sekilas pasti gw ga bakalan tertarik tuk masuk.

Read the rest of this entry »

Popularity: 58% [?]



PULAU SERIBU - DKI JAKARTA

18 10 2006

Sebagai cewe yang ngakunya pecinta laut, ga mungkin banget gw melewatkan tawaran tuk ikut sama anak2 explore indonesia kemping ke kepulauan seribu. Tepatnya tanggal 25 Juni 2005, gw ber4 bareng shanti, ferry dan hilmy nekat pegi tuk menjelajahi lautan. berbekal keyakinan penuh dan harapan yg terlalu tinggi (karena sempet salah dermaga, hehehe) berangkatlah kita dari pante mutiara naek kapal pribadinya siapa gitu yg disewa. berangkat pagi2 buta, ampe sana kapalnya telat pula lantaran surat2 ijin kapalnya ga kunjung lengkap (halah kok bisa?!).

Image Hosted by ImageShack.us

Read the rest of this entry »

Popularity: 36% [?]



TANJUNG PRIOK - DKI JAKARTA

16 10 2006

Image Hosted by ImageShack.us

Ketika itu, dipertengahan abad ke-18, tak lama setelah dibukanya terusan Suez (1869), tersebutlah sebuah pelabuhan baru yaitu tanjung priok yang dibangun sekitar 15 km dari sunda kelapa. saat itu batavia sedang gencar2nya menghadapi saingan singapura yang baru saja dibangun oleh raffles, dan pelabuhan sunda kelapa tidak lagi mampu menampung kapal2 uap yang singgah.

Read the rest of this entry »


Popularity: 34% [?]



MONAS - DKI JAKARTA

16 10 2006

Image Hosted by ImageShack.us

Lu tau kan. kl dijakarta itu ada yang namanya monumen nasional alias monas. kata orang pemerintahan disini, dibilang kl monas ato Tugu Peringatan Nasional merupakan salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat melawan penjajah Belanda.

Read the rest of this entry »

Popularity: 38% [?]


No comments: