Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/20

Pengenalan Teknologi Informasi

DATA

Yaitu Fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol.

INFORMASI
Yaitu Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

SIKLUS INFORMASI
1. Proses Model atau Dasar Data
2. Input Data
3. Data
4. Hasil Tindakan
5. Output atau Informasi
6. Penerima
7. Keputusan Tindakan

KUALITAS INFORMASI
1. Akurat
2. Timelines
3. Relevance

NILAI INFORMASI
Dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya

KARAKTERISTIK SISTEM
1. Komponen Sistem
2. Batasan Sistem
3. Lingkungan luar Sistem
4. Penghubung Sistem
5. Masukan Sistem
6. Keluaran Sistem
7. Pengolahan Data
8. Sasaran Sistem

KLASIFIKASI SISTEM
1. Sistem Abstrak dan Sistem Phisik
2. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
3. Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu
4. Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka

PENGENDALIAN SISTEM ( CONTROL SYSTEM )
1. Feed Back Control System
2. Feed Forward Control System
3. Preventive Control System

DAUR HIDUP SISTEM
1. Mengenali Adanya Kebutuhan
2. Pembangunan Sistem
3. Pemasangan Sistem
4. Pengoperasian Sistem
5. Sistem Menjadi Usang

SISTEM INFORMASI
Yaitu suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat managerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan
Komponen Sistem Informasi
1. Blok Masukan
2. Blok Model
3. Blok Keluaran
4. Blok Teknologi
5. Blok Basis Data
6. Blok Kendali

Tipe Sistem Informasi
1. Decision Suport System
Yaitu yang digunakan untuk perencanaan strategi organisasi.
2. Management Information System
Yaitu yang digunakan untuk mendukung fungsi manajemen tingkat menengah.
3. Data Processing System
Yaitu yang digunakan oleh Low Manajer didalam memproses pengolahan data menjadi hasil yang akurat

TEHNOLOGI INFORMASI
Menurut Haaq dan Keen :
Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
Menurut Martin :
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Williams dan Sawyer:
Teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video


Perbandingan Teknologi Informasi Dengan Sistem Informasi

Teknologi Informasi hanya merupakan salah satu komponen kecil dalam format perusahaan. Komponen lainnya adalah proses dan prosedur, struktur organisasi, sumber daya manusia, produk, pelanggan, supplier, rekanan, dan sebagainya.
Secara teori, suatu Sistem Informasi yang baik belum tentu harus memiliki komponen teknologi informasi
Jadi, keandalan suatu sistem informasi dalam perusahaan atau organisasi terletak pada keterkaitan antar komponen yang ada.
Sistem Informasi merupakan sisi demand sementara Teknologi Informasi merupakan sisi supply.


PENGENALAN KOMPUTER
Defenisi Komputer, yaitu peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

ASPEK KOMPUTERISASI
1 Aspek Teknis, yaitu Hardware, Software, Brainware
2 Aspek Non Teknis, yaitu Dukungan Manajemen dan Displin Baru

KLASIFIKASI KOMPUTER
1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah :
a. Komputer Analog
b. Komputer Digital
c. Komputer Hibrid
2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan) :
a. Special Purpose Computer
b. General Purpose Computer
3. Berdasarkan Kemampuan Komputer :
a. Small Scalle Computer
b. Medium Scalle Computer
c. Large Scalle Computer
4. Berdasarkan Ukuran PhisikKomputer :
a. Mini Computer
b. Micro Computer

Generasi Komputer
Generasi Ke - 1 (1945 – 1959)
Ciri – cirinya :
1 Menggunakan tabung hampa (electronic vacuum tubes)
2 Jumlah tabung hampa yang digunakan  18.000 tabung hampa.
3 Berat tabung hampa  30 ton.
4 Banyak mengeluarkan panas.
5 Kecepatan proses masih rendah.
6 Penyimpanan data masih terbatas.
7 Misalnya :
8 MARK I  komputer pertama
9 LEO (Lyon Electronic Office)  komputer komersial pertama yang dibuat di Inggris.
10 UNIVAC I (Universal Automatic Computer)  komputer komersial pertama yang dijual kepada Biro Sensus AS.
1 ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
2 EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
3 EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer)

4 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi I
Perusahaan komputer yang mengembangkan komputer generasi I adalah : IBM (terkenal dgn MARK Computer Seriesnya), Burroughs (Magnetic Drum Computer tipe E101), RCA (BIZNAC) dan Honeywell (Datamatic).

Generasi Ke - 2 (1959 – 1965)
Ciri – cirinya :
1 Menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices.
2 Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi I.
3 Penggunaan memori/storage semakin besar.
4 Proses lebih cepat.
5 Mulai digunakannya on-line data processing.
6 Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
7 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi II
IBM seri 1400, 7070–7090, IBM 1600, NCR (National Cash Register) seri 304, RCA model 501, Univac III, Univac 1107, dll.

Generasi Ke - 3 (1965 – 1970)
Ciri – cirinya :
Menggunakan IC (Integrated Circuits).
IC merupakan kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika. Ada beberapa IC, yaitu:

1 SSI (Small Scale Integration)  terdiri atas 50.000 transistor.
2 SLSI (Super Large Scale Integration)  > 500.000 transistor.

3 Menggunakan multiprocessing dan multiprogramming.
4 Menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, menerima dan menampilkan suara.
5 Menggunakan MIRC (Magnetic Ink Characters Recognation)
6 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi III
IBM seri 360, ICL 1900, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dll

Generasi Ke - 4 (Sejak Tahun 1970)
1 Menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI.
2 Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip.
1 Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.

Contoh Generasi ke-4
1 IBM 370  komputer generasi IV yang pertama dibuat th. 1970.
2 Intel 4004  chip mikroprosesor I yang dibuat Intel Corp (1971)
3 Altair  komputer mikro I yang dibuat MITS Corp. (1974)
4 Cray-1  komputer superkomersial I (1975).
5 ARCNET LAN (Local Area Network) pertama yang dibuat Datapoint Coorporation tahun 1977.
6 Apple II  PC pertama dibuat Apple Computer tahun 1977.
7 Xerox Star  desktop komputer I dan menggunakan mouse serta windows. Dibuar Xerox Corp. tahun 1981.

Generasi Ke - 5 (1995 - Sekarang)
1 Berkembangnya software baru : Ms. Windows, OS/2, Linux, dll.
2 Komputer mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya.
ICOT (Institute for New Computer Technology) di Jepang mengembangkan komputer yang dapat berbicara dengan manusia, mendiagnosa masalah, hemat energi dan sebagainya.
Komputer Masa Depan
Komputer masa depan diharapkan dapat mempunyai kemampuan berfikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. Komputer ini menggunakan biochip yang terbuat dari bahan protein sintesis.

HARDWARE,Yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer.
Contoh: keyboard, CPU, Harddisk,Dll.

SOFTWARE, Yaitu komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem
Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, Dll.

BRAINWARE, Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya.
Contoh : Analys System, Programmer, Dll

Definisi SISTEM BILANGAN (NUMBER SYSTEM)
Adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan menggunakan basis (base / radix) tertentu yang tergantung dari jumlah bilangan yang digunakan.

Konsep Dasar Sistem Bilangan
Suatu sistem bilangan, senantiasa mempunyai Base (radix), absolute digit dan positional (place) value.

Jenis-Jenis Sistem Bilangan
Suatu sistem komputer mengenal beberapa sistem bilangan, seperti :
1.Sistem Bilangan Desimal (Decimal Numbering System).
2.Sistem Bilangan Biner (Binary Numbering System).
3.Sistem Bilangan Octal (Octenary Numbering System).
4.Sistem Bilangan Hexadesimal (Hexadenary Numbering System).

Konversi Bilangan
Setiap angka pada suatu sistem bilangan dapat dikonversikan (disamakan/diubah) ke dalam sistem bilangan yang lain. Di bawah ini dibuat konversi (persamaan) dari 4 sistem bil. yang akan dipelajari :
Dari Desimal Ke Biner, Oktal Dan Hexa
1 Bilangan Desimal  basis 10 dengan digit : 0,1,2 … , 9
2 Contoh penulisan  743 D, 743(10) , 743(D), 743(d), dll.
3 Konversi dari bilangan D ke B, O dan H dengan cara membagi bilangan D dengan basis bilangan masing-masing hingga :
sisa akhir basis  tidak dibagi lagi
 Bilangan sisa pembagian diambil dari bawah ke atas.
Dari Oktal Ke Desimal,Biner Dan Hexa
1 Bilangan Desimal  basis 8 dengan digit : 0,1,2 … , 7
2 Contoh penulisan  743 O, 743(8) , 743(O), 743(o), dll.
O  D O  B 0  H
dari kanan ke kiri place-value dikalikan dengan absolut digit bil. oktal awal. Setiap 1 (satu) bil oktal dijadikan kelompok bil. biner yang terdiri atas 3 digit. Tidak ada cara langsung mengubah oktal ke biner. Dapat dilakukan melalui biner atau desimal.
Dari Hexa Ke Desimal, Oktal Dan Biner
1 Bilangan Desimal  basis 16 dengan digit : 0 - 9 dan A - E
2 Contoh penulisan  743 H, 743(16) , 743(H), 743(h), dll.
3 Konversi dari bilangan :
H  D H  O H  B
dari kanan ke kiri place-value dikalikan dengan absolut digit bil. hexa awal. Setiap 1 (satu) bil. hexa dijadikan kelompok bil. biner yang terdiri atas 4 digit. Tidak ada cara langsung mengubah hexadecimal ke oktal. Dapat dilakukan melalui biner atau desimal.
1 Operasi Arithmatika
Operasi aritmatika yang dilakukan diantaranya : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, akar, dsb. Operasi Arithmatika yang dibahas hanya perkalian dan penjumlahan.

SISTEM PENGKODEAN
Beberapa macam kode-kode komputer yang digunakan dari komputer generasi pertama hingga generasi sekarang, yaitu :
1. Kode Hollerith
- Diciptakan oleh Dr. Herman Hollerith.
- Memiliki susunan dan aturan tertentu.
- Contoh : Kombinasi lubang pada punch card.
2. BCD Code
- Kode ini disusun kombinasi 4 buah digit biner.
- Maksimal terbentuk 24 = 16 kombinasi, tapi hanya 10 digunakan.
- Hanya dapat memuat simbol angka saja.
3. SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchange Code)
Kode ini disusun dari kombinasi 6 buah digit binary di tambah satu digit untuk parity check.
- Mulai digunakan pada komputer generasi kedua.
- Maksimal terbentuk 26 = 64 kombinasi simbol.
- Menyatakan karakteristik A - Z, 0 - 9 dan spesial karakter tertentu.
Dibagi atas 2 zone, yaitu : alpha bit position dan numeric bit position.
4. EBCDIC (Extented Binary Coded Desimal Interchange Code)
- Kode ini disusun dari kombinasi 8 buah digit binary di tambah dengan satu digit parity check.
- Mulai digunakan pada komputer generasi ketiga.
- Maksimal terbentuk 28 = 256 kombinasi simbol.
- Menyatakan karakteristik A - Z, 0 - 9 dan spesial karakter.
- Diciptakan oleh ANSI (Amerika Nasional Standard Information).
5. ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
Kode ASCII (baca “aski”) bertujuan untuk membuat kode biner standar yang dikembangkan oleh ANSI (Amerika Nasional Standard Information). Kode ASCII ini terdiri atas ASCII-7 bit dan ASCII-8 bit. Kode yang terdapat pada ASCII-8 bit jauh lebih lengkap dari ASCII-7 bit. ASCII-7 bit mempunyai kombinasi kode 27 = 127 , yaitu :
- 26 kode untuk huruf kapital (upper case) dari A – Z.
- 26 kode untuk huruf kecil (lower case) dari a – z.
- 10 digit desimal dari 0 – 9.
- 34 karakter kontrol untuk informasi status operasi komputer.
- 32 karakter khusus (special characters)

Evolusi Perkembangan TI
a. Era Komputerisasi
Periode ini dimulai sekitar tahun 60-an.
Penggunaan untuk pengolahan data (Data Processing) dan untuk meningkatkan efisiensi.
Contoh : Minicomputer dan Mainframe.
b. Era Teknologi Informasi
Periode ini dimulai pada awal tahun 1970-an.
Perpaduan dari teknologi digital dengan telekomunikasi.
PC (Personal Computer).
Desktop (seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja).
Untuk mengolah database, spreadsheet, dan data processing (end-user computing).
Sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.
c. Era Sistem Informasi
Periode ini dimulai pada awal tahun 1980-an.
Peranan sistem informasi sebagai komponen utama.
Penekanan pada pentingnya peranan teknologi informasi.
Lebih menekankan pada penciptaan proses.

d. Era Globalisasi Informasi
Periode ini dimulai sejak pertengahan tahun 1980-an sampai dengan awal 1990-an.
Perkembangan internet dalam dunia industri, keberadaannya telah menghilangankan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of information.
Penerapan teknolgi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet dan Ekstranet.
Transaksi perdagangan melalui cyberspace, pembayaran melalui electronic payment.
Aset Utama TI
a. Aset Sumber Daya Manusia (SDM)
SDM yang dimaksud adalah para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan TI di perusahaan, seperti divisi TI, departemen Sisfo, atau bagian sejenis lainnya.
SDM menjadi aset utama jika memiliki kompetensi
Hal tersebut dicapai melalui : trainning (pelatihan), pengalaman dalam bekerja (on-the-job experience), dan kemampuan manajerial serta kepemimpinan (leadership) yang berkualitas.
Tiga dimensi utama yang harus diperhatikan sehubungan dengan aset SDM : keahlian teknis, pengetahuan bisnis dan orientasi pada pemecahan masalah.
Siklus Pengembangan TI
Analisis Kebutuhan Bisnis atau Manajemen Perusahaan (Business Requirements Analysis). Ada dua tujuan utama dari langkah awal ini yaitu :
1 Untuk mengetahui posisi atau peranan TI
2 Untuk mendefenisikan secara rinci jenis-jenis informasi yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan baik secara taktis maupun strategis
Perencanaan strategis dibidang pengembangan TI (Information Technology Strategic Planning). Outputnya berupa blue print rencana pengembangan Sisfo untuk jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang. Juga disusun teknik-teknik terkait bagi implementasi proyek tersebut.
1 Manajemen Proyek (Information Technology Project Management)
2 Secara garis besar ada tiga jenis proyek yang mendominasi perusahaan di Indonesia.

3 Segala macam proyek yang berkenaan dengan konstruksi fisik infrastruktur TI ; instalasi kabel, pengadaan komputer, sampai dengan pembangunan jaringan komputer (LAN atau WAN).
1 Implementasi dari paket perangkat lunak (application software) yang dibeli.
2 Pengembangan perangkat lunak aplikasi oleh SDM internal perusahaan (in-house custom development).
3 Manajemen Pemeliharaan Sistem (Maintenance, supports dan services)
4 Review Efektifitas Sistem Informasi (Information System Effectiveness Review)

INPUT DEVICE,
beberapa contoh dari masukan :
1. KEYBOARD
Alat Input berupa papan ketik yang
berisi tombol huruf, angka,
dan tombol khusus lainnya.
2. MOUSE
Alat kecil menyerupai tikus
yang dapat digunakan dengan
satu tangan
3. JOYSTICK
Alat yang dapat menggerakkan suatu
gambar atau kursor tertentu dalam
dalam layar monitor.
4. DIGITIZER
Media yang sering digunakan dalam
perancangan yang memerlukan
akurasi tinggi
5. SCANNER
Alat yang digunakan untuk
memasukkan gambar,
grafik dan teks ke dalam
memori komputer secara
cepat dan mudah
6. OCR (Optical Character Recognation) Hanya untuk data berupa teks saja.
7. Light Pen
Digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk grafik ke dalam komputer. Data dimasukkan dengan cara melukiskan pena pada suatu media.
8. Bar Code Reader
Pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-
barang yang dijual di toko-toko swalayan
9. Pembaca Kartu Cerdas
Sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip
yang mengandung processor, RAM, ROM dan biasa digunakan
untuk menyimpan data pasien, dat nasabah

OUPPUT DEVICE
Jenis Peranti Keluaran, yaitu Softcopy dan Hardcopy
dengan beberapa contoh :
SOFTCOPY :
1. Monitor.
Dari teknologi yang digunakan monitor ada 2 yaitu :
1 Tabung Sinar Katoda atau CRT (Chatode Ray Tube)
2 LCD (Liquid Crystal Display)
Contoh LCD :
2. Speaker
Digunakan untuk memunculkan suara.
3. Flat Panel Display
Merupakan display (tampilan) yang menggunakan LCD. LCD tidak mengeluarkan sinar seperti pada CRT. Flat Panel Display selain menggunakan LCD ada juga yang menggunakan campuran gas neon dan argon yang diisikan diantara lempengan kaca pipih berbentuk layar.

HARCOPY
Printer
adalah suatu elemen dari output device untuk menghasilkan data, gambar atau grafik dalam bentuk cetakan. Berdasarkan cara kerjanya, printer dikelompokkan menjadi :
Impact Printer (dengan ketukan)
1 Daisy Wheel Printer  mirip dg mesin ketik
2 Dot Matrix Printer  memukulkan jarum pada head.
Contoh : gambar Dot Matrix tipe LX 300+

1 Thimble Printer
2 Chain Printer
3 Band Printer
4 Drum Printer

Non-impact Printer (tanpa ketukan)
Ink Jet Printer  menyemprotkan larutan kimia.
Contoh Ink Jet Printer tipe BJC-2100SP
1 Laser Printer  sinar laser (mirip dg mesin fotocopy). Contoh Laser Printer.
2 Thermal Printer.
Contoh thermal Printer tipe Phaser 850 MDPE
1 Thermal Transfer
2 Electrostatic Printer
Plotter  Hanya untuk mencetak gambar teknik (grafik/rancangan). Biasanya digunakan dg aplikasi AUTOCAD.
Peralatan Input/Output (I/O Device)
 Modem (MOdulator – DEModulator) adalah berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Diperlukan untuk komunikasi data.
 Console (Terminal) adalah alat komunikasi antara operator dengan komputer sehingga merupakan alat (device) yang melakukan fungsi input dan output.
 Card Reader merupakan alat yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang yang terdapat pada kartu diartikan card reader sebagai suatu simbol yang dimengerti oleh komputer. Contoh Card reader
 Disk Drive (Penggerak Piringan) adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media floppy disk (disket) sebagai memori eksternal.
 Tape Drive hampir sama dengan disk drive, tetapi untuk media tape (pita)
 D-Drive adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media Compact Disk (CD).
 CD-ReadWriter adalah merupakan alat membaca dan menulis pada Compact Disk (CD).
Central Processor Unit ( CPU )
Central Processing Unit (CPU) merupakan jantung daripada komputer, yang mana merupakan pusat pengolahan serta pusat pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer yang sedang melaksanakan pekerjaannya. Contoh CPU dari depan
Bagian-bagian dari CPU :
.Arithmetic & Logical Unit (Alu)
Adalah bagian yang melaksanakan operasi perhitungan dan logika
B. Control Unit / Section
Adalah bagian yang bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data, seperti : mengontrol cara kerja Input dan Output devices, pelaksanaan tugas ALU.
C. Memori / Storage
Merupakan Alat penyimpanan data.
Memory / Storage
Memory/storage unit adalah tempat menampung atau tempat menyimpan data/program yang merupakan suatu ELECTRONIC FILING CABINET (hardware) dalam suatu sistem komputer.
Istilah yang terdapat dalam memori :
1 DARI KEBUTUHANNYA
Primary memory device  pemakaiannya suatu keharusan.
Secondary memory device  bersifat tambahan saja
2 DARI LETAKNYA
Internal memory device  dalam prosesor (RAM,ROM)
Eksternal memory device  luar prosesor (disk, tape)
3 DARI ISI MEMORI
Permanent memory device  isi tetap jika listrik mati (disk, tape,ROM)
Non-permanent memory device  isi berubah jika listrik mati (RAM)

A. Defnisi Software
Software adalah komponen data prosesing yang berupa program-program dan teknik-teknik lainnya untuk mengontrol sistem komputer.
B. Klasifikasi Software
Sistem Operasi (Operating System / OS)
Adalah kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan prosesing dalam sistem komputer. Tanpa OS sistem komputer tidak berjalan.
Berdasarkan fungsinya OS terdiri dari 2 bagian, yaitu:
a. Control Program
b. Processing Program
Jenis-Jenis OS
1 DOS (Disk Operating System)
2 OS/2 (Operating System/2)
3 Machintosh
4 UNIX, XENIA, AIX
5 MS Windows
6 LINUX
Bahasa Pemrograman (Programming Language / PL)
Program yaitu kumpulan dari beberapa instruktsi.
Kumpulan aturan dalam suatu bahasa disebut syntax. Program komputer yang mengandung syntax yang keliru atau biasa disebut juga dengan kesalahan syntax (syntax errors), tidak dapat dijalankan.
Klasifikasi Bahasa Pemrograman
a. Generasi Pertama
Yang berorientasi pada mesin
b. Generasi Kedua
Yang menggunakan bahasa rakitan (assembly).
C. Generasi Ketiga
Generasi yang menggunakan pendekatan prosedural.
Contoh : Algol, C, Basic, Cobol, Fortran, dan Pascal
d. Generasi Keempat
Yang dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram dalam membuat program.Contoh Seorang pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.
e. Generasi Kelima
Yang merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
Berbagai aplikasi kecerdasan manusia:
1 Pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing)
2 Pengendalian robotika dengan sensor mata
3 Aplikasi Sistem Pakar (Expert System)
Secara garis besar, bahasa pemrograman terbagi atas 3 (tiga) tingkatan yaitu :
1. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Co/. Bahasa Mesin, Assembler.
2. Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)
Co/. Bahasa C.
3. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Terbagi dua, yaitu :
a.Berorientasi pada Prosedur (Procedure Oriented Language), Terbagi dua :
- Masalah Ilmiah (Science), Co/. PASCAL, FORTRAN, DLL
- Masalah Bisnis (Business), Co/. COBOL, PL/1 DLL.
b. Berorientasi pada Masalah (Problem Orientad Language)
Co/. RPG.

Utilitas
Yaitu Program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.
Contoh : Format Disk, ScanDisk, Disk Defragmenter.
Device Driver
Yaitu Program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral dan biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi Perangkat Keras.
Translator
1. Interpreter
2. Compiler
Pengelompokan Perangkat Lunak
Berdasarkan Fungsinya Perangkat dibagi 2 golongan:
1. Perangkat Lunak Aplikasi
2. Perangkat Lunak Sistem
Berdasarkan cara mendapatkan Perangkat Lunak dan hak Pemakaian dapat digolongkan pada :
Perangkat Lunak Komersial, Perangkat Lunak Domain-Publik, Shareware, Freeware, Rentalware, Free Software dan Open Software
Antar Muka Pemakai
Yaitu Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer, yang dapat berupa :
- Menggunakan antarmuka Command-Driven
- Menggunakan antarmuka yang disebut GUI
Perangkat Lunak
Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan yaitu:
1. Perangkat Lunak Hiburan
2. Perangkat Lunak Pendidikan
3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
4. Perangkat Lunak Bisnis
5. Perangkat Lunak Khusus

Software Suite
Yaitu kumpulan beberapa proram yang dikemas menjadi satu.
Contoh : Microsoft Office, Lotus SmartSuite, StarOffice

BASIS DATA
Defenisi
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang tersimpan di komputer dan diperlukan software untuk memanipulasi. Pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.
Struktur Data dan Basis Data
1 Karakter yaitu berupa angka,hurup, atau karakter khusus
2 Field yaitu menyatakan data terkecil yang memiliki makna
3 Record yaitu kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait
4 Tabel yaitu yang menghimpun sejumlah record
5 Basis Data (Database)
DBMS
Adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data.
Keuntungan penggunaan DBMS :
1 Independensi Data
2 Pengaksesan Yang Efisien terhadap Data
3 Keamana dan Integritas Data
4 Administrasi Data
5 Akses Bersamaan dan Pemulihan terhadap Kegagalan
6 Waktu Pengembangan Aplikasi Diperpendek.
Jenis Database Menurut Pengaksesan
Dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu Basis Data Individual, Basis Data Perusahaan, Basis Data Terdistribusi dan Bank Data Publik.
Model Data
Adalah Sekumpulan konsep terintegrasi yang dipakai untuk menjabarkan data, hubungan antardata.
Terdiri dari :
1. Model Data Hirarkhis
2. Model Data Jaringan
3. Model Data Relational
4. Model Data Berbasis Objek.
Data wahrehouse dan Data Mart
Data Warehouse adalah Data yang menampung data sejarah yang cukup panjang dapat 5 sampai dengan 10 tahun.
Data Mart adalah Data warehouse yang mendukung kebutuhan pada tingkat departemen atau fungsi bisinis tertentu dalam perusahaan.
OLAP
Adalah Sejenis Perangkat Lunak yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan bersifat sementara.Tujuan OLAP adalah menggunakan informasi dalam sebuah basis data (data Warehouse).OLAP dapat digunakan untuk melakukan Konsolidasi, Drill-Down, dan Slicing and Dicing.
Data Mining
Adalah Perangkat Lunak yang ditujukan untuk mengidentifikasi trend atau pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat banyak dengan sedikit masukan dari pemakai.
ERP
Merupakan Perangkat Lunak yang berfungsi untuk menangani manajemen produksi dalam perusahaan. Menurut Deloitte dan Touche ERP sebagai paket sistem perangkat lunak bisnis yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk (1) mengotomasikan dan mengintegrasikan kebanyakan proses bisnis mereka, (2) berbagi data yang umum dan praktis dalam keseluruhan perusahaan, (3) menghasilkan dan megakses informasi di dalam lingkungan waktu nyata.
Komponen DBMS
Dapat terdiri dari :
1. Kamus Data
2. Utilitas
3. Pembangkit Laporan
4. Pembangkit Aplikasi
5. Pengatur Keamanan Akses
6. Pemulihan Sistem
SQL
Adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional.
Pernyataan SQL dapat berupa SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, CREATE TABLE, DROP TABLE, GRANT, REVOKE.

JARINGAN
Definisi Jaringan
Adalah suatu himpunan interkoneksi (interconnected) sejumlah komputer autonomous. Dua buah komputer dikatakan saling tersambung bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk hubungannya tidak melalui kawat tembaga saja tapi bisa menggunakan serat optik, gelombang mikro dan satelit komunikasi.
Peranan Telekomunikasi
1. ATM
2. Telekonferensi
3. Telecommuniting
4. Komputasi Grup Kerja (Workgroup Computing)
5. EDI (Electronic Data Interchange)
Mengenal Jenis Isyarat
1. Isyarat Analog
Biasa disebut isyarat kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dengan ciri memiliki amplitudo dan frekuensi.
2. Isyarat Digital
Biasa disebut isyarat diskret yang tersusun atas dua keadaan disebut bit yaitu keadaan 0 dan keadaan 1.
Laju Data
Dapat dinyatakan dengan :
1. Laju Bit (Bit Rate)
2. Laju Baud
Spektrum Frekuensi

Yaitu suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat.
Transmisi Serial dan Paralel
1. Transmisi Serial
Dimana transmisinya pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan secara bergantian.
2. Transmisi Paralel
Dimana transmisi sejumlah bit dikirimkan per waktu.
Konfigurasi Jalur Komunikasi
Yaitu cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi.
1. Titik ke Titik (Point to Point)
Menghubungkan secara khusus dua buah peranti yang hendak berkomunikasi yang dapat diterapkan pada dua buah komputer yang berkomunikasi.
2. Multititik (Multipoint)
Hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi.
Arah Transmisi
1. Simplex, yaitu Arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah.
2. Half-Duplex, yaitu Hubungan dua arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian
3. Full-Duplex, yaitu hubungan dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan.
Mode Transmisi
1. Transmisi Asinkron (Asynchronous Transmision)
Yaitu mengirimkan data per karakter.
2. Transmisi Sinkron ( Synchronous Transmision)
Yaitu mengirimkan data per blok (sejumlah karakter).
Multiplexing
Adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi dan dapat dilakukan dengan teknik:
1. FDM (Frequency-Division Multiplexing), Diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.
2. TDM (Time-Division Multiplexing), Digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media yang hanya memiliki satu jalur.
Media Transmisi
1. Media Berkabel
- Kabel pasangan terpilin (Twisted Pair)
Unshielded Twisted Pair (UTP) = Kabel belitan ganda tak berpelindung
Contoh :
- Kabel Koaksial (Coaxial Cable atau Coax)
a. Thicknet Coaxial Cabel
b. Thinnet Coaxial Cabel
- Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
2. Media Tak Berkabel
- Mikrogelombang (microwave)
- Satelit
- Gelombang Radio
- Inframerah
Jaringan Komputer (Computer Network)
Manfaat penggunaan jaringan :
1. Berbagi Perangkat Keras
2. Berbagi Program atau Data
3. Mendukung Kecepatan Berkomunikasi
4. Memudahkan Pengaksesan Informasi.
Klsifikasi Jaringan Komputer
Ditinjau dari geografis jaringan dapat dibagi :
1. Local Area Network( LAN)
Adalah jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus.
Menurut tipenya LAN dapat berupa :
a. Client/Server
b. Peer-to-Peer
2. Metropolitan Area Network (MAN).
Merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan memakai teknologi yang sama dengan LAN dengan rentang sekitar 10-45 km.
3. Wide Area Network (WAN)
Mencakup daerah geografis yang luas, sebuah negara atau benua.
Topologi Jaringan
Adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara di mana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi Fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan. Topologi Logika menguraikan erilaku komputer pada jaringan, dari sudut pandang operator manusianya.
1. Topologi Fisik
Kebanyakan jaringan menggunakan salah satu dari 2 jenis topologi fisik, yaitu :
a. Linear bus
Contoh : Linier BUS
b. Ring
Contoh : Topologi RING
c. Star
Contoh :
Topologi STAR
d. Topologi Pohon
Protokol Komunikasi
Suatu tata cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesan) antara dua buah sistem dalam jaringan dengan standar OSI yang ditentukan ISO.
Standar OSI dapat didefinisikan dengan 7 lapisan, yaitu :
APLIKASI, PRESENTASI, SESI, TRANSPORT, JARINGAN, DATALINK,FISIK.
Interkoneksi Antar Jaringan
Yang menyatakan hubungan antara dua buah jaringan atau lebih dengan menggunakan peranti-peranti khusus, yaitu :
1. Kartu penghubung jaringan (Network Interface Card = NIC) contohnya :
2. HUB (Konsentrator)
3. Repeater
4. Bridge
5. Router
6. Gateway

INTERNET
Definisi Internet
Internet adalah suatu jaringan antar komputer yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhuung tersebut dapat saling berkomunikasi. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan sebuah nomor yang unik, dan berkomunikasi satu sama lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol. Protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Sebagian aktivitas yang dapat ditangani oleh Internet:
1. Sistem pembelajaran jarak jauh
2. Sistem telepon
3. Pencarian Lowongan kerja
4. Transfer Uang.
Sejarah Singkat Internet
Berasal dari ARPANet, suatu proyek yang dimulai dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, suatu percobaan dalm reliable networking (jaringan secara terpercaya) untuk menghubungkan antara DOD dengan kontraktor penelitian militer, termasuk sejumlah besar universitas yang melakukan penelitian dengan dana militer. ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency, cabang dari Defence ( Pertahanan )yang mempunyai kewajiban membagi-bagikan uang grant. Sehingga menjadi DARPA ( Defence-ARPA ). ARPANet mulai dengan 3 komputer kecil yang dikoneksi di California digabungkan dengan satu di Utah, tetapi secara cepat berkembang di seluruh kontinen. Internet ini mulai tumbuh pesat pad dekade 1990.
Cara Mengakses Internet
Ada berbagai cara dalam mengakses Internet yaitu Warung Internet, Sarana Internet pada Perusahaan atau Kampus, dan dengan cara berlangganan.
Koneksi ke Internet
Pelanggan ISP Internet
Mengenal Alamat IP (Internet Protocol)
Alamat IP dapat juga dengan melalui nama domain
Contoh : bsi.ac.id
Sumber Daya Internet
1. E-mail 6. FTP
2. Newsgroup 7. Gopher
3. Mailing List 8. Archie
4. IRC 9. Veronica
5. Telnet 10. WAIS
Surat Elektronis
Banyak digunakan dengan alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaian.
Isi E-Mail :
To : menyatakan alamat e-mail
Cc : singkatan dari carbon copy, menyatakan alamat e-mail orang lain yang mendapat tembusan surat.
Bcc : singkatan dari blind carbon copy, menyatakan orang yang mendapatkan tembusan tetapi yang disebut dalam to tidak mengetahui bahwa alamat e-mail ditembuskan ke orang lain
Subject : menyatakan inti dari surat

BROWSING
Definisi Browsing
Jika kita ingin menjelajahi World Wide Web maka kita membutuhkan sebuah aplikasi (software) yang sering disebut Browser. Ada beberapa Browser yang lazim digunakan yaitu Netscape Navigator atau Netscape Comunicator, Internet Explorer, Opera dan Spry Mosaic.
Browser digunakan untuk mencari informasi di internet atau untuk menelusuri web site dari seluruh jaringan internet di seluruh dunia. Untuk mencari informasi atau menelusuri web site kita dapat langsung menuju pada alamat web site yang dituju atau dengan mesin pencari (Search Engine ).
Struktur Alamat Web
Contoh :
http ://www.bsi.ac.id/
Keterangan :
http : Service transfer yang digunakan di dalam web, selain http (HyperTex Transfer Protokol ) juga ada FTP (File Transfer Protokol ).
www : Alamat informasi di internet, WWW (world wide Web)
bsi.ac.id : Alamat informasi yang dituju atau yang diinginkan dalam internet.

Web site dan Web Hosting
Website atau situs adalah sebuah lokasi di internet yang memiliki akses ke semua pengguna internet dan dapat saling bertukar dokumen dengan cara menghubungkan satu sama lain dalam suatu jaringan yang saling terhubung melalui jaringan komunikasi seperti kabel telepon.
Webhosting adalah tempat seseorang bisa menyimpan data atau dokumen di sebuah web server dan data atau dokumen ini tersambung dengan internet dengan harapan dapat diakses oleh orang lain.





Selengkapnya...

Pengertian Jaringan

Pengertian Jaringan

Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom disini adalah untuk membedakan dengan sistem master/slave.

Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dengan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukanlah suatu jaringan; komputer besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan.

A. MANFAAT JARINGAN

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.

Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.

Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).

Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

4. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.

Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan

B. KLASIFIKASI JARINGAN

1. PAN (Personal Area Network)

Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon,ponsel,televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data,
maupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol dilakukan dengan authoritas pribadi. Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

2. LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkanbersama didalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

4. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

5. Internet (Interconnected Network)

adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 . Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

6. IPN (Inter Planet Network)

jaringan ini merupakan jaringan komunikasi antar-planet, satelit,
asteroid, pesawat ruang angkasa robot, pesawat ruang angkasa berawak
berupa backbone yang menghubungkan komunitas dan infrastruktur jaringan
di entitas tersebut.


BLUETOOTH

Pengertian Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.

Bluetooth sendiri dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.

Pada dasarnya bluetooth diciptakan bukan hanya menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel didalam melakukan pertukaran informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam.

Bluetooth menggunakan salah satu dari dua jenis frekuensi Spread Specturm Radio yang digunakan untuk kebutuhan wireless. Jenis frekuensi yang digunakan adalah Frequency Hopping Spread Spedtrum (FHSS), sedangkan yang satu lagi yaitu Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) digunakan oleh IEEE802.11xxx. Transceiver yang digunakan oleh bluetooth bekerja pada frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific, and Medical).

Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s. Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet), bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai pada jarak 100 meter. Sistem bluetooth menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint.

Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera digital, printer, router dan masih banyak peralatan lainnya. Aplikasi - aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch (notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.

Contoh modul aplikasi beberapa peralatan yang kemungkinan dapat menggunakan teknologi bluetooth dapat dilihat seperti gambar berikut ini.

Contoh Modul Aplikasi Beberapa Bluetooth

Dalam transceiver bluetooth ada tiga kelas yaitu :

Ø Daya kelas 1 didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100m.

Ø Daya kelas 2 didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10m.

Ø Daya kelas 3 didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1m.

Pengkabelan Pada Jaringan

Ada tiga jenis kabel jaringan (juga dikenal sebagai “media”). Pertama, twisted-pair—standar industri dalam instalasi baru. Kabel ini datang dengan beberapa standar, Unshielded Twisted Pair (UTP) Category 3 yang sering kali digunakan untuk saluran telepon, dan UTP Category 5 yang merupakan standar jaringan sekarang ini.

Kedua, coaxial—mirip dengan cable televisi. Terakhir, fiber optic—biasanya digunakan untuk koneksi antarperangkat “backbone” dalam jaringan besar. Kabel fiber optic merupakan kabel yang paling reliable tetapi juga paling mahal.

UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel Twisted Pair (shielded dan unshielded)Kabel twisted pair dapat dibagi menjadi dua macam yaitu shielded yang memiliki selubung pembungkus dan unshielded yang tidak mempunyai selubung pembungkus.

Kabel ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. merupakan sepasang kabel yang di-twist satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik.

2. dapat terdiri dari dua, empat, atau lebih pasangan kabel

3. ada dua jenis kabel twisted pair yaitu UTP (unshielded twisted pair) dan STP (
shielded twisted pair)

4. dapat melewatkan signal sampai 10-100 mbps

5. hanya dapat menangani satu channel data (baseband)

6. koneksi pada twisted pair biasanya menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45

7. STP lebih tahan interferensi daripada UTP dan dapat beroperasi pada
kecepatan yang lebih tinggi sampai 100 mbps, namun lebih sulit ditangani
secara fisik

8. paling populer digunakan pada Local Area Network (LAN)

9. memiliki bandwidth yang lebar, sehingga bisa digunakan untuk komunikasi broadband(multiple channel)

10. ada bermacam-macam jenis kabel coax seperti kabel TV, thick, ARCnet, dan thin coax.

Kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal. Namun, fiber optic memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya.

Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya. Kabel fiber optic terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai single mode dan multi mode. Kabel single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dann hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu.

Kabel multimode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan kabel multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.

Konektor kabel fiber optic terdiri dari dua jenis-konektor model ST yang berbentuk lingkaran dan konektor SC yang berbentuk persegi. Penggunaan kabel ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang anda gunakan karena mereka mungkin berbeda.

Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks (LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. KabelUTP tidak sebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth dan ketahanan terhadap interferensi.

Pengkategorian Kabel UTP Kabel UTP sebetulnya ada beberapa kategori yaitu dari kategori 1 - 7 yang sering digunakan untuk LAN biasanya kategori 5 atau sering disebut cat-5.

Berikut ini kegunaan dari kabel kategori 1 – 7 :

Cat 1 sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service)telephone dan ISDN.

cat 2 dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps.

cat 3 dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps.

cat 4 Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network.

cat 5 Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengankecepatan100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte Ethernet network.

cat 5e Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support
gigabyte ethernet network.

cat 6 Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan
cat-5e

cat 6a Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps

cat 7 di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz.

Keuntungan kabel UTP

1. Investasi pad sisi pelanggan lebih murah

2. Kecepatan transmisi data lebih tinggi dibanding Wi-FI (10-100Mbps)

3. Aplikasi yang dimanfaatkan bisa lebih banyak dikarenakan bandwidthnya yang
tinggi (gameonline, file sharing, video streaming, dll)

4. Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless

Kekurangan kabel UTP

1. Rentan terhadap gangguan petir namun dapat dikurangi dengan penggunaan
surge protector.

2. Kemungkinan gangguan atau kerusakan lebih tinggi karena melalui area publik.

3. Biaya pemeliharaan relatif tinggi karena harus dipersiapkan untuk penggatian
switch atau kabel yang rusak.

Pengalamatan IP (Internet Protocol)

Pada jaringan komputer yang berbasiskan TCP/IP, setiap perangkat keras yang ingin berkomunikasi, memiliki sebuah alamat yang unik yang panjangnya 32 bit pada setiap network interface yang dimilikinya. Alamat unik ini dikenal dengan nama IP Address. IP Address terbagi menjadi 4 bagian dimana setiap bagiannya terdiri atas 8 bit yang disebut octet dan dibatasi dengan tanda titik (“.”) untuk memudahkan pembacaan.

Pengalamatan IP terdiri dari dua bagian yakni bagian network number dan host number. Bagian yang menjadi network number dan host number diketahui dari pembagian kelas IP. Kelas IP dibedakan pada ukuran dan jumlahnya. Pengalamatan IP diatur oleh ARIN (American Registry for Internet Numbers). Pengalamatan IP terbagi dalam lima kelas yaitu:

1. Kelas A

Kelas A merupakan kelas yang memiliki jumlah host number terbanyak yaitu 16.777.214 host, sehingga kelas ini memiliki jumlah network interface terbanyak yang dapat ditampung. Kelas ini biasa digunakan oleh perusahaan yang memiliki jaringan dalam skala yang besar. Alamat IP pada kelas A dimulai dari 1.0.0.0 sampai 126.255.255.255.

2. Kelas B

Kelas B memiliki 2 octet host number yang memungkinnya untuk menampung 65534 network interface pada sebuah subnet. Alamat IP kelas B digunakan untuk jaringan dengan skala menengah. Alamat IP pada kelas B berkisar antara 128.0.0.0 sampai 192.167.255.255.

3. Kelas C

Kelas C memiliki 1 octet host number yang memungkinkannya untuk menampung 254 network interface pada sebuah subnet. Kelas ini memiliki jumlah network interface yang paling sedikit dan juga paling banyak untuk jaringan berskala kecil. Alamat pada kelas C dimulai dari 192.168.0.0 sampai 223.0.0.0.

4. Kelas D

Kelas D merupakan kelas khusus yang tidak dapat dipakai oleh publik karena satu blok kelas ini khusus dipakai untuk keperluan multicast. Multicast adalah jenis transmisi layaknya broadcast, namun dalam skala yang lebih kecil dan dapat ditentukan.

5. Kelas E

Kelas E adalah kelas IP yang tidak digunakan dan khusus disimpan dengan tujuan sebagai kelas cadangan untuk keperluan di masa mendatang.

Selain pembagian menurut alamat yang mampu ditampung, IP address juga dibagi menjadi dua macam berdasarkan pemakaiannya di internet:

1. Private IP address

Private IP address adalah alamat IP yang digunakan oleh sebuah komunitas, baik itu rumah ataupun sebuah perusahaan, yang tidak tersambung langsung ke internet. Alamat IP ini tidak bisa berkomunikasi langsung dengan komputer lain pada jaringan internet, sehingga untuk dapat berkomunikasi dibutuhkan perantara yaitu Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan jasa layanan internet.

Range private IP address bergantung dari jenis kelas IP:

Kelas A : 10.x.x.x

Kelas B : 172.16.x.x s/d 172.31.x.x

Kelas C : 192.168.x.x

Keterangan: x adalah nomor mulai dari 0 sampai 255.

2. Public IP address

Public IP address adalah alamat IP yang digunakan untuk berkomunikasi antar komputer yang tersambung secara langsung dalam jaringan internet. Jenis IP address banyak digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) dan lembaga-lembaga dunia yang mengatur lalu-lintas di internet. Range alamat yang dimiliki oleh public IP address adalah semua alamat IP selain yang berada dalam range private IP address dan IP loopback (127.x.x.x).

Selengkapnya...

Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung. Terdapat banyak jenis jaringan komputer:

Local-area network (LAN):
komputer yang terhubung berada pada tempat yang berdekatan secara gografis (misalkan satu gedung).

Wide-area network (WAN): komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio. selain itu, jaringan komputer dapat juga dikelompokan berdasar kriteria di bawah ini:
a. topologi: pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. Terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, dan ring.
b. protokol: protokol mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling populer adalah Ethernet. Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.

Arsitektur: jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam arsitektur peer-to-peer atau client/server.

NIC : NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area Network Card).

Backbone : Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.

Bandwidth : Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

Bridge : Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Segmen ini mempunyai alamat lapisan jaringan yang sama. Setiap jaringan seharusnya hanya mempunyai sebuah bridge utama.

DNS : DNS (domain name sistem) adalah sistem yang menerjemahkan domain Internet, seperti www.microsoft.com menjadi alamat Internet, yaitu serangkaian nomor yang terlihat seperti 101.232.12.5. Istilah DNS berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada Internet dan cara penangan nama-nama tersebut.

Ethernet : Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.

Fast Ethernet : Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT. Gateway : Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

GPS : GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk. Host : Host adalah sistem komputer yang diakses oleh pengguna yang bekerja pada lokasi yang jauh. Biasanya, istilah ini digunakan jika ada dua sistem komputer yang terhubung dengan modem dan saluran telepon. Sistem mengandung data yang disebut host, sedang sitem yang digunakan untuk mengases dari jarak jauh disebut remote terminal. Istilah host juga digunakan untuk menyebut komputer yang terhubung dengan jaringan TCP/IP, termasuk Internet. Setiap host mempunyai alamat IP yang unik. Selain itu, istilah host juga merujuk pada penyediaan infrastruktur layanan komputer. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menjadi host Web server, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menyediakan hardware, software, dan saluran komunikasi yang dibutuhkan oleh server, tetapi isi server (data) dikendalikan oleh pihak lain.

ISP (Internet Service Provider) : ISP (Internet service provider) adalah penyedia layanan Internet. Sebagian besar ISP mempunyai jaringan server (mail, berita, Web), router, modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi. Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi Internet dengan modem dan telepon. Untuk mengakses Internet pelanggan ISP harus melakukan dial ke jaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP.

Internet : Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer. Sejak 1999 Internet telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini meningkat cepat. Lebih dari 100 negara terhubung dengan Internet untuk menukar data, berita, dan informasi lainnya. Setiap komputer yang terhubung dengan Internet disebut host.

ISDN : ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B (B channel). Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.

Protocol (protokol) : Bahasa atau prosedur hubungan yang digunakan oleh satu sistem komputer dengan sistem lainnya sehingga antara keduanya dapat saling berhububngan. Untuk dapat berkomunikasi. Kedua system harus menggunakan protokol yang sama. PPP (Point To

Point Protocol) :
Protokol TCP/IP yang memungkinkan hubungan antara host dengan jaringan dan antara router dengan router atau dapat pula digunakan untuk hubungan serial antara 2 system.

Repeater : Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi. Router : Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya.

Routing : Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu.

RJ-45 : RJ-45 (Registered Jack-45) adalah konektor delapan kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah local-area network (LAN), khususnya Ethernets. Konektor RJ-45 mirip dengan konektor RJ-11 yang digunakan dalam koneksi telepon, tetapi lebih besar. S

Server : Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.

TCP/IP : TCP/IP Transmission Control Protokol adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan. IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP dugunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern, seperti Unix dan Windows.

Topologi : Dalam jaringan komputer topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, ring.

UTP : UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin. Kabel UTP banyak digunakan pada local-area networks (LANs) dan sambungan telepon karena harganya lebih murah. Kabel UTP tidak sebaik kabel koaksial dan serat optik dalam hal penyediaan banwidth dan ketahanan terhadap interferensi.

VLAN : VLAN (virtual local-area network) adalah jaringan komputer yang seakan terhubung menggunakan kabel yang sama meskipun mungkin secara fisik berada pada bagian LAN yang lain. VLAN dikonfigurasi melalui software dan tidak hardware, yang membuatnya sangat fleksible.Salah satu keunggulan VLAN adalah jika sebuah komputer secara fisik dipindah ke lokasi lain, komputer tersebut tetap pada VLAN yang sama tanpa melakukan konfigurasi ulang hardware.

VPN : VPN (virtual private network) adalah koneksi internet pribadi yang aman dan terenkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan trasfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.

VSAT : VSAT (Very Small Aperture Terminal) stasiun bumi yang digunakan pada satelit komunikasi sinyal data, suara, dan video, kecuali pemancaran televisi. VSAT terdiri dari dua bagian:
sebuah transceiver yang diletakkan ditempat terbuka sehingga dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit dan sebuah piranti yang diletakkan dalam ruangan untuk menghubungkan transceiver dan piranti komunikasi pengguna akhir(end user), seperti PC.Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit diluar angkasa. Satelit mengirimkan dan menerima sinyal dari komputer stasiun bumi yang berfungsi sebagai hub sistem. Setiap pengguna yang saling terhubung dengan stasiunhub melewati satelit, membentuk topologi bintang. hub mengendalikan semua operasi pada jaringan. Semua transmisi untuk komunikasi antar pengguna harus melewati stasiunhub yang meneruskannya ke satelit dan kepengguna VSAT yang lain. VSAT dapat mengirimkan data sampai dengan kecepatan 56 Kbps.

WAN : WAN wide area network adalah komputer yang terhubung berada pada tempat yang berjauhan dan hubungan dengan line telepon atau gelombang radio. Lihat juga LAN dan jaringan.

Wi-Fi :
Wi-Fi Wireless Fidelity adalah nama dagang resmi untuk IEEE 802.11b yang dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Aliance (WECA). Istilah Wi-Fi menggantikan 802.11b seperti halnya istilah Ethernet menggantikan IEEE 802.3. Produk yang disertifikasi oleh WECA sebagai Wi-Fi dapat beroperasi bersama meskipun dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

Workstation :
Pada jaringan komputer, workstation adalah komputer yang terhubung dengan sebuah local-area network (LAN).Istilah workstation juga digunakan untuk menyebut komputer yang digunakan untuk aplikasi teknik (CAD/CAM), desktop publishing, pengembangan software, dan aplikasi lainnya yang membutuhkan tingkat komputasi dan kemampuan grafis yang cukup tinggi.Workstation biasanya terdiri dari layar grafik yang besar dengan revolusi tinggi, RAM minimal 64 MB, dukungan jaringan built-in, dan graphical user interface.Sebagian besar workstation juga mempunyai piranti penyimpanan seperti disk drive, tetapi jenis workstation khusus, yang disebut diskless workstation, tidak mempunyai disk drive. Sistem operasi yang banyak digunakan untuk workstation adalah UNIX dan windows NT. Seperti halnya PC, sebagian besar workstation adalah komputer single user, Meski demikian, workstation pada dasarnya dihubungkan dengan local area network, meskipun dapat juga sebgian sistem yang berdiri sendiri stand alone.

100BaseT : 100BaseT adalah nama lain fast Ethernet yang mempunyai kecepatan transmisi sampai dengan 100 mbps. Jenis 100BaseT ini lebih mahal daripada 10BaseT dan lebih jarang digunakan pada local area network (LAN).

10Base2 : 10Base2 adalah satu jenis standar Ethernet ( IEEE802.3) untuk lokal area network ( LAN ). Standard 10 Base-2 ( yang juga disebut Thinnet )menggunakan kabel koasial 50 ohm ( RG-58A/U ) dengan panjang maksimal 185 meter.kabel ini lebih kecil dan lebih flesibel daripada yang digunakan untuk standard 10 Base 5. Sistem 10 Base-2 beroperasi pada 10 Mbps dan menggunakan metode tranmisi baseband.

10 Base5 : 10 Base-5 adalqh standard awal untuk Ethernet yang menggunakan kabel koasial. nama 10 Base5 didasarkan pada fakta bahwa kecepatan transfer data maksimum adalah 10 Mbps. menggunakan transmisi Baseband, dan panjang kabel maksimal adalah 500 meter. 10 Base5 juga disebut Thick Wire atau thick Net.

10BaseT : 10BaseT adalah jenis Ethernet yang paling umum. Nama tersebut menunjukan bahwa kecepatan transmisi maksimum adalah 10Mbps. 10BaseT menggunakan kabel tembaga dan merupakan card standard untuk menghubungkan komputer pada lokal area network (LAN)

10 Tips Wireless Security

Jaringan nirkabel atau yang sering disebut dengan wireless network cukup mudah untuk di set up, dan juga terasa sangat nyaman, terutama jika kita menginginkan agar bisa berjalan jalan keliling rumah atau kantor dengan komputer portable tetapi tetap bisa tetap mengakses jaringan internet. Namun, karena wireless menggunakan gelombang, maka akan lebih mudah untuk di-hack daripada koneksi yang menggunakan kabel. Ada beberapa tips disini untuk mengamankan wireless network.


Adapun langkah langkahnya sebagai berikut :
1. Memakai Enkripsi.
Enkripsi adalah ukuran security yang pertama, tetapi banyak wireless access points (WAPs) tidak menggunakan enkripsi sebagai defaultnya. Meskipun banyak WAP telah memiliki Wired Equivalent Privacy (WEP) protocol, tetapi secara default tidak diaktifkan. WEP memang mempunyai beberapa lubang di securitynya, dan seorang hacker yang berpengalaman pasti dapat membukanya, tetapi itu masih tetap lebih baik daripada tidak ada enkripsi sama sekali. Pastikan untuk men-set metode WEP authentication dengan “shared key” daripada “open system”. Untuk “open system”, dia tidak meng-encrypt data, tetapi hanya melakukan otentifikasi client. Ubah WEP key sesering mungkin, dan pakai 128-bit WEP dibandingkan dengan yang 40-bit.

2. Gunakan Enkripsi yang Kuat
Karena kelemahan kelemahan yang ada di WEP, maka dianjurkan untuk menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA) juga. Untuk memakai WPA, WAP harus men-supportnya. Sisi client juga harus dapat men-support WPA tsb.

3. Ganti Default Password Administrator
Kebanyakan pabrik menggunakan password administrasi yang sama untuk semua WAP produk mereka. Default password tersebut umumnya sudah diketahui oleh para hacker, yang nantinya dapat menggunakannya untuk merubah setting di WAP anda. Hal pertama yang harus dilakukan dalam konfigurasi WAP adalah mengganti password default tsb. Gunakan paling tidak 8 karakter, kombinasi antara huruf dan angka, dan tidak menggunakan kata kata yang ada dalam kamus.

4. Matikan SSID Broadcasting.
Service Set Identifier (SSID) adalah nama dari wireless network kita. Secara default, SSID dari WAP akan di broadcast. Hal ini akan membuat user mudah untuk menemukan network tsb, karena SSID akan muncul dalam daftar available networks yang ada pada wireless client. Jika SSID dimatikan, user harus mengetahui lebih dahulu SSID-nya agak dapat terkoneksi dengan network tsb.

5. Matikan WAP Saat Tidak Dipakai.
Cara yang satu ini kelihatannya sangat simpel, tetapi beberapa perusahaan atau individual melakukannya. Jika kita mempunyai user yang hanya terkoneksi pada saat saat tertentu saja, tidak ada alasan untuk menjalankan wireless network setiap saat dan menyediakan kesempatan bagi intruder untuk melaksanakan niat jahatnya. Kita dapat mematikan access point pada saat tidak dipakai.

6. Ubah default SSID.
Pabrik menyediakan default SSID. Kegunaan dari mematikan broadcast SSID adalah untuk mencegah orang lain tahu nama dari network kita, tetapi jika masih memakai default SSID, tidak akan sulit untuk menerka SSID dari network kita.

7. Memakai MAC Filtering.
Kebanyakan WAP (bukan yang murah murah tentunya) akan memperbolehkan kita memakai filter media access control (MAC). Ini artinya kita dapat membuat “white list” dari computer computer yang boleh mengakses wireless network kita, berdasarkan dari MAC atau alamat fisik yang ada di network card masing masing pc. Koneksi dari MAC yang tidak ada dalam list akan ditolak. Metode ini tidak selamanya aman, karena masih mungkin bagi seorang hacker melakukan sniffing paket yang kita transmit via wireless network dan mendapatkan MAC address yang valid dari salah satu user, dan kemudian menggunakannya untuk melakukan spoof. Tetapi MAC filtering akan membuat kesulitan seorang intruder yang masih belum jago jago banget.

8. Mengisolasi Wireless Network dari LAN.
Untuk memproteksi internal network kabel dari ancaman yang datang dari wireless network, perlu kiranya dibuat wireless DMZ atau perimeter network yang mengisolasi dari LAN. Artinya adalah memasang firewall antara wireless network dan LAN. Dan untuk wireless client yang membutuhkan akses ke internal network, dia haruslah melakukan otentifikasi dahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN. Hal ini menyediakan extra layer untuk proteksi.

9. Mengontrol Signal Wireless.
802.11b WAP memancarkan gelombang sampai dengan kira kira 300 feet. Tetapi jarak ini dapat ditambahkan dengan cara mengganti antenna dengan yang lebih bagus. Dengan memakai high gain antena, kita bisa mendapatkan jarak yang lebih jauh. Directional antenna akan memancarkan sinyal ke arah tertentu, dan pancarannya tidak melingkar seperti yang terjadi di antenna omnidirectional yang biasanya terdapat pada paket WAP setandard. Selain itu, dengan memilih antena yang sesuai, kita dapat mengontrol jarak sinyal dan arahnya untuk melindungi diri dari intruder. Sebagai tambahan, ada beberapa WAP yang bisa di setting kekuatan sinyal dan arahnya melalui config WAP tsb.

10. Memancarkan Gelombang pada Frequensi yang Berbeda.
Salah satu cara untuk bersembunyi dari hacker yang biasanya memakai teknologi 802.11b/g yang lebih populer adalah dengan memakai 802.11a. Karena 802.11a bekerja pada frekwensi yang berbeda (yaitu di frekwensi 5 GHz), NIC yang di desain untuk bekerja pada teknologi yang populer tidak akan dapat menangkap sinyal tsb.

BASIS DATA

Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kwitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

BAHASA PEMROGRAMAN

Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). Setiap bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri. Contohnya, kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.
Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Contoh bahasa pemrogaman adalah bahasa FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++.


Selengkapnya...