Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/19

Wisata Sumatera Utara

WISATA Sumatera Utara

Pilih Provinsi
Demografi | Ekonomi | Wisata | KBI

Medan
Medan mulanya adalah pusat pemerintahan Kesultanan Deli, sekarang merupakan Ibu Kota Propinsi Sumatera Utara dan telah berumur ratusan tahun, memiliki banyak objek wisata serta sejarah yang sangat berpotensi untuk menarik wisatawan.

Istana Maimun
Adalah sebuah istana Sultan Deli yang didirikan oleh Sultan Makmun Al-Rasyid pada tahun 1908. Istana yang telah dipugar ini masih ditempati oleh keluarga Sultan.

Mesjid Raya
Mesjid Raya adalah salah satu mesjid besar dan indah di Indonesia. Didirikan pada tahun 1906 oleh Sultan Makmun Al-Rasyid dan terletak 200 meter dari istana Maimun. Mesjid ini bercorak gaya arsitektur "Moorish" merupakan yang terbesar di jenisnya.

Kantor Pos
Merupakan gedung peninggalan zaman kolonial, saat ini berfungsi sebagai Kantor Pos Besar medan. Gedung kuno yang menarik lainnya adalah :
• Balai Kota Medan
• Kantor Gubernur
• Tempat tinggal Gubernur
• Gedung Bank Indonesia, yang merupakan gedung bank pertama "De Javaasche Bank"

Danau Toba
Danau yang terkenal di dunia internasional, merupakan danau yang luas dengan panorama yang indah. Setiap tahun diadakan festival perahu tradisional “Solu Bolon” juga pertunjukan kebudayaan daerah yang terkenal dengan nama “Tortor”.

Berastagi
Terletak 1.400 meter diatas permukaan laut, terletak di daerah Kabupaten Karo. Udaranya dingin dan sejuk, dapat menikmati pemandangan gunung Sibayak dan gunung Sinabung yang indah. Daerah ini umumnya dikunjungi untuk beristirahat dan berekreasi. Banyak dijual hasil sayur dan buah-buahan di daerah Berastagi ini.

Lau Debuk-Debuk
Terletak di daerah Kabupaten Karo, merupakan objek wisata pemandian air panas yang mengandung belerang. Air ini diyakini oleh banyak orang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit.

Taman Bukit Lawang
Merupakan Taman Nasional Sibahorok, tempat pelestarian dan penangkaran Orang Utan. Juga merupakan tempat wisata berhawa sejuk.

Pulau Poncan
Merupakan salah satu pulau dengan pasir putih di pesisir selatan provinsi Sumatera Utara, Sibolga, memiliki udara pantai yang bersih dan pemandangan bawah laut yang menjanjikan.

Nias
Salah satu pulau di bagian selatan provinsi Sumatera Utara, merupakan surga untuk para pencinta surfing dan olah raga laut, terkenal dengan tradisi lompat batu.


Tempat Wisata di Prov. Sumatera Utara








Mesjid Raya Sumatera Utara





Pemandangan Kota Medan







Danau Toba













Berastagi






Rumah Adat






Pulau Samosir


Danau Toba

Tidak ada artikel untuk lokasi ini Data Ringkas untuk lokasi ini Tidak ada galeri untuk lokasi ini
Danau Toba

Dolok Ilir

Tidak ada artikel untuk lokasi ini Data Ringkas untuk lokasi ini Tidak ada galeri untuk lokasi ini
Dolok Ilir


Perkebunan Teh PTP VIII (PTPN VI)

Tidak ada artikel untuk lokasi ini Data Ringkas untuk lokasi ini Tidak ada galeri untuk lokasi ini
Perkebunan Teh PTP VIII (PTPN VI)

Kultur Teknis Budidaya Tembakau

Tidak ada artikel untuk lokasi ini Data Ringkas untuk lokasi ini Tidak ada galeri untuk lokasi ini
Kultur Teknis Budidaya Tembakau

Gunung Para Tanjung Morawa
Tanjung Morawa Gunung Para




MASJID RAYA MEDAN - SUMATERA UTARA 16 02 2007

Image Hosted by ImageShack.us

Satu lagi peninggalan Sultan Deli, yaitu Masjid Raya Al Mashun yang berjarak tak jau dari Istana Maimun (200m). Menurut sebuah sumber, masjid mulai dibangun tanggal 1 Rajab 1324H atau 21 Agustus 1906 dan selesai 10 Sept 1909 oleh Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. beberapa bahan dekorasi dibuat dari Italia dan jerman serta konon dulunya menjadi satu bagian dengan komplek istana. Masjid yang dirancang oleh Dingemans dari Amsterdam (dengan bentuk yang simetris jika dilihat dari keempat sisinya) memiliki gaya yang diambil dari budaya Timur tengah, India, dan Spanyol. Masjid dibangun dengan bentuk segi 8 (oktagonal) dan memiliki 4 sayap disetiap bagian selatan timur utara dan barat yang berbentuk seperti bangunan utama namun berukuran lebih kecil. luas keseluruhan bangunan adalah 5.000 meter.

Image Hosted by ImageShack.us
Read the rest of this entry »


TOBA & SAMOSIR - SUMATERA UTARA

31 01 2007

Image Hosted by ImageShack.us

Melancong ke tanah Batak, pastilah terngiang nama danau toba. awalnya sewaktu pertama kali singgah ke medan, gw mengira toba itu dekat. nyatanya tidak. gw baru berkesempatan ke toba setelah 3 kali berkunjung ke medan. Tepatnya tanggal 31 Agustus 2006, gw bersama rombongan dari kantor berangkat menuju toba dari medan. perjalanan kali ini melewati jalur brastagi. ampuuun, gw ga mau lg lewat jalur ini. kelok2nya jalan bikin mual ga karuan. mana perjalanan pun kian panjang dan serasa tak sampai2. dari jam 7 pagi berangkat, kita baru sampai di Parapat sekitar jam 2 siang! di Parapat agaknya sedikit terhibur, pas bangun dari tidur gw melihat air, dan dengan spontan gw teriaki “lauuut!”.

No comments: