Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/26

Wisata Jateng - Kabupaten Klaten

KABUPATEN KLATEN

Kabupaten Klaten terdapat bermacam-macam objek wisata, sarana wisata seni tradisional, upacara tradisional yang cukup potensial dan merupakan pintu gerbang sebelah selatan objek wisata Jawa Tengah.


Objek wisata unggulan di Kabupaten Klaten meliputi antara lain:

Objek wisata Candi Sewu Prambanan

Bangunan candi ini terletak di kawasan taman wisata Candi Prambanan, meripakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-19 oleh keluarga Syailendra. Diperkirakan candi ini sebagai biara para Bhiksu karena terdapat banyak kamar.





Candi Sewu Prambanan:


Candi sewu dari salah satu sisinya, bangunan ini telah dipugar oleh pemerintah melalui taman wisata candi.


Selain merupakan tempat wisata situs candi, di kawasan tersebut juga dilengkapi fasilitas-fasilitas berupa:
- Taman bermain anak-anak.
- Penjual cendera mata khas candi.
- Sarana penunjang lain seperti rumah makan, makam, area parkir, dan sarana ibadah.


Objek wisata Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan, merupakan bangunan candi dengan perpaduan arsitektur Hindu dan Buddha. Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramudyawardani.
Candi ini terdiri dari dua kelompok yaitu : kelompok candi Plaosan Lor dan kidul,candi ini dikelilingi oleh 116 buah stupa pewara dan 50 buah candi pewara. Candi induk Plaosan Lor dipugar tahun 1962 didalam kamar candi induk terdapat 6 buah arca Dhayani Budisatwa al Awalokiteswara,Wajrapani dan Padmapani,Candi ini dibangun atas kerjasama Raja Pikatan dan Cri Kahulunan



Candi Plaosan:


Bagian bangunan candi yang belum selesai dipugar seluruhnya. Saat ini para ahli sedang berusaha merekonstruksi kembali bangunan candi sesuai dengan aslinya.



Objek wisata Alam Deles Indah
Objek wisata Deles Indah terletak di lereng gunung Merapi, tepatnya di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Kabupaten Klaten.
Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang indah serta sejuknya hawa asli pegunungan.



Objek wisata Deles Indah:


Berada di kawasan kaki gunung Merapi, merupakan salah satu objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan.


Di area lokasi wisata Deles Indah tersedia beberapa fasilitas penunjang, diantaranya:
- Pesanggrahan
- Bumi Perkemahan
- Penginapan


Objek wisata Rawa Jombor
Objek wisata Rawa Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat, merupakan daerah tujuan wisata dengan pemandangan alam yang sangat menarik, dengan hamparan air rawa yang jernih.
Daerah tersebut dikelilingi oleh pegunungan kapur yang sangat indah. Oleh penduduk sekitar daerah tersebut dimanfaatkan sebagai tempat pancingan dan budidaya ikan dalam terumbu. Selain itu juga difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk irigasi daerah-daerah sekitarnya. Yang menarik, kini di dalam rawa ini sangat banyak dijumlai warung-warung atau rumah makan apung yang banyak digemari para wisatawan.



Rawa Jombor:


Selain untuk objek wisata dan pancingan, juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya ikan terumbu dan rumah makan apung. Tampak rumah-rumah makan apung di tengah rawa dengan latar balakang pegunungan yang indah nan elok, dan latar depan trumbu apung, yang dibudidayakan oleh warga masyarakat sekitar.


Sebagai daerah wisata, pada hari-hari besar tertentu, terutama hari libur dan hari besar nasional, jumlah pengunjung meningkat. Selain menikmati indahnya pemandangan dan angin yang sepoi-sepoi, juga tidak kalah asyiknya memancing bersama anggota keluarga.
Pengunjung yang ingin menikmati masakan ikan goreng yang gurih, seperti kakap dan nila di tengah rawa dapat dijumpai rumah makan terapung yang biasa menghidangkan berbagai masakan tersebut.

Objek wisata air yang lain di Kabupaten Klaten diantaranya:
-Sumber air Nilo, yang terletak di kawasan pemancingan Janti, Desa Janti Kecamatan Polanharjo.
- Sumber air Ponggok di Dukuh Nganjat Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo.

Objek wisata Spiritual
Terdapat banyak tempat wisata spiritual di daerah Klaten yang tersebar hampir di seluruh pelosok kecamatan dalam Kabupaten Klaten. Adapun yang mudah dan banyak dikunjungi wisata untuk wisata spiritual ini antara lain:

1. MAKAM KI AGENG PANDANARAN

Makam Ki Ageng Pandanaran terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, adalah salah satu tempat ziarah bagi umat Islam.
Ki Ageng Pandanaran adalah tokoh dan ulama sebagai salah satu penyebar Agama Islam di tanah Jawa. Garbang menuju ke makam berbentuk Candi Bentar Majapahit. Ki Ageng Pandanaran merupakan keturunan terakhir Raja Majapahit.



Makam KiAgeng Pandanaran:


Makam yang terletak di Desa Paseban Kecamatan Bayat, salah satu tempat ziarah bagi umat Islam


Pada hari-hari tertentu, banyak peziarah yang berdatangan, baik dari warga sekitar maupun dari daerah lain. sebagian peziarah ada yang melakukan tirakat di sana untuk meminta berkah, mohon doa restu, dilancarkan rejekinya, dan dimudahkan jodohnya.


Selain itu terdapat juga makam-makam sebagai tempat ziarah dan dikeramatkan, antara lain:
- Makam Ki Ageng Gribig di Desa Krajan Kecamatan Jatinom.
- Makam Ki Ageng Ranggawarsita di Desa Palar Kecamatan Trucuk.
- Makam Ki Ageng Perwita di Desa Ngreden Kecamatan Wonosari.

2. YA QOWIYYU

Perayaan tradisional ini berlangsung di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom, 10 Kilometer dari pusat kota Klaten. Dilaksanakan setiap hari Jumat Bulan Shaffar. Dalam perayaan ini dilangsungkan upacara penyebaran kue-kue apem. Dalam setiap perayaan tidak kurang dari 4 sampai 5 ton kue apem dihabiskan untuk perayaan ini. Selain perayaan tradisional, di tempat tersebut terdapat goa alam yang oleh sebagian masyarakat digunakan untuk tirakat/bertapa.



Upacara Ya-Qowiyyu:


Upacara tradisional yang diadakan setiap bulan Shaffar, di Desa Jatinom Kecamatan Jatinom.



3. KESENIAN JATILAN
Kesenian tradisional Jatilan adalah sebuah tarian yang konon mengandung unsur magis dengan menampilkan atraksi makan belin (pecahan kaca) dan menusuk lidah. Kesenian ini dapat dujumpai di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan.



Kesenian Jatilan:


Seorang penari Jatilan dibuat intrans (tidak sadar) dan diberi makan beling (pecahan kaca), dalam menjalankan tariannya.


LEGENDA CANDI PRAMBANAN

Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) arah Utara, Pengunjung dapat melihat patung seorang putri cantik(Roro Jonggrang).

Menurut legenda, Roro Jongrang adalah putri Raja Boko yang dikutuk menjadi patung oleh Bandung Bondowoso (Seorang lelaki Perkasa Putra Raja Pengging)yang ingin menikahinya. Roro Jongrang tidak mencintai, Bandung Bondowoso bersedia dinikahi dengan mengajukan syarat apabila Bandung dapat membuatkan seribu candi dalam satu malam dan Bandung menyanggupinya.

Dengan kekuatan supra naturalnya Bandung hampir menyelesaikan tugasnya,namun Roro Jonggrang berusaha menggagalkan dengan cara memerintah para wanita desa yang berada disebelah timur tempat Bandung membuat Candi untuk membakar jerami dan menumbuk padi, hingga suasananya seperti dini hari dan ayam-ayam pada berkokok,maka pada saat itu kekuatan supra natural untuk menggunakan jin/setan berlarian semua karena mereka mengira pagi telah datang. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.

CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbersar di Indonesia,Berketingian 47 meter,dibangun pada abad 9,Letaknya berada 17 km arah timur Jogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo,Candi yang utama yaitu Siwa(Tengah)Candi Brahma(Selatan) dan Candi Wisnu(utara)didepannya terletak candi Wahana(Kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angsa adalah kendaraan Brama(Dewa Penjaga);Candi Nandi(Kerbau) adalah kendaraan Siwa(Perusak)dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu(Dewa Pencipta).

Pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan Candi Brahma dipahat relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam, dan rwlief selanjutnya disambung di Candi brahma.

FASILITAS PELAYANAN

A. Kantor Desa Bugisan

B. Kantor BP-3 Prop. Jateng;

C. Kantor Camat Prambanan;

D. Kolam Renang Hotel Galuh;

E. Kantor Desa Tlogo;

F. Kantor Polsek Prambanan;

G. Kantor Pos Prambanan;

H. Rumah Makan Ayam Goreng mBok Berek;

I. Rumah Makan Yati Pesek;

J. Resto Ayam Kampung;

K. Mandala Wisata Prambanan;

L. Warpostel Bima Sena;

M. BRI Cabang Prambanan;

N. Radio Roro Jonggrang;

NAMA HOTEL

1.Hotel Ny.Muharti -Ngangkruk Kebondalem Telp 0274-496103 2.Hotel Sari Ngangkruk Kebondalem Kidul Telp 0274-496595
3.Hotel Prambanan Indah JL.Candi Sewu Prambanan
4.Hotel Ramayana Jl.Candi Sewu Prambanan
5.Hotel Kenanga II Jl.Candi Sewu Prambanan
6.Hotel Srikandi Jl.Candi Sewu Prambanan Telp 0274-497831
7.Hotel Kenanga I Jl.Candi Sewu Prambanan Telp 0274-496370
8.Hotel Mawar I Jl.Candi Sewu Prambanan Telp 0274-496707
9.Hotel Mawar II Jl.Candi Sewu Prambanan
10.Hotel Dewi Sinta Jl.Candi Sewu Prambanan
11.Hotel Asri JL.Candi Sewu Prambanan Telp 0274-496941
12.Restu Ibu Jl.Candi Sewu Prambanan
13.Hotel Puri Jonggrang Jl.Candi Sewu Prambanan Telp 0274-496708
14.Astha Graha Bugisan Prambanan
15.Botan Hotel JL.Manisrenggo Prambanan
16.Hotel Galuh Jl.Manisrenggo Prambanan Telp 0274-496855
17.Hotel Puri Indah Sunggingan Pereng Prambanan
18.Hotel Prima Karang Putih Tlogo Prambanan Telp 0274-496579
19.Hotel Mawar II Jontakan Taji Prambanan

No comments: