Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/20

Pengenalan Teknologi Informasi

DATA

Yaitu Fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol.

INFORMASI
Yaitu Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

SIKLUS INFORMASI
1. Proses Model atau Dasar Data
2. Input Data
3. Data
4. Hasil Tindakan
5. Output atau Informasi
6. Penerima
7. Keputusan Tindakan

KUALITAS INFORMASI
1. Akurat
2. Timelines
3. Relevance

NILAI INFORMASI
Dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya

KARAKTERISTIK SISTEM
1. Komponen Sistem
2. Batasan Sistem
3. Lingkungan luar Sistem
4. Penghubung Sistem
5. Masukan Sistem
6. Keluaran Sistem
7. Pengolahan Data
8. Sasaran Sistem

KLASIFIKASI SISTEM
1. Sistem Abstrak dan Sistem Phisik
2. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
3. Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu
4. Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka

PENGENDALIAN SISTEM ( CONTROL SYSTEM )
1. Feed Back Control System
2. Feed Forward Control System
3. Preventive Control System

DAUR HIDUP SISTEM
1. Mengenali Adanya Kebutuhan
2. Pembangunan Sistem
3. Pemasangan Sistem
4. Pengoperasian Sistem
5. Sistem Menjadi Usang

SISTEM INFORMASI
Yaitu suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat managerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan
Komponen Sistem Informasi
1. Blok Masukan
2. Blok Model
3. Blok Keluaran
4. Blok Teknologi
5. Blok Basis Data
6. Blok Kendali

Tipe Sistem Informasi
1. Decision Suport System
Yaitu yang digunakan untuk perencanaan strategi organisasi.
2. Management Information System
Yaitu yang digunakan untuk mendukung fungsi manajemen tingkat menengah.
3. Data Processing System
Yaitu yang digunakan oleh Low Manajer didalam memproses pengolahan data menjadi hasil yang akurat

TEHNOLOGI INFORMASI
Menurut Haaq dan Keen :
Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
Menurut Martin :
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Williams dan Sawyer:
Teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video


Perbandingan Teknologi Informasi Dengan Sistem Informasi

Teknologi Informasi hanya merupakan salah satu komponen kecil dalam format perusahaan. Komponen lainnya adalah proses dan prosedur, struktur organisasi, sumber daya manusia, produk, pelanggan, supplier, rekanan, dan sebagainya.
Secara teori, suatu Sistem Informasi yang baik belum tentu harus memiliki komponen teknologi informasi
Jadi, keandalan suatu sistem informasi dalam perusahaan atau organisasi terletak pada keterkaitan antar komponen yang ada.
Sistem Informasi merupakan sisi demand sementara Teknologi Informasi merupakan sisi supply.


PENGENALAN KOMPUTER
Defenisi Komputer, yaitu peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

ASPEK KOMPUTERISASI
1 Aspek Teknis, yaitu Hardware, Software, Brainware
2 Aspek Non Teknis, yaitu Dukungan Manajemen dan Displin Baru

KLASIFIKASI KOMPUTER
1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah :
a. Komputer Analog
b. Komputer Digital
c. Komputer Hibrid
2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan) :
a. Special Purpose Computer
b. General Purpose Computer
3. Berdasarkan Kemampuan Komputer :
a. Small Scalle Computer
b. Medium Scalle Computer
c. Large Scalle Computer
4. Berdasarkan Ukuran PhisikKomputer :
a. Mini Computer
b. Micro Computer

Generasi Komputer
Generasi Ke - 1 (1945 – 1959)
Ciri – cirinya :
1 Menggunakan tabung hampa (electronic vacuum tubes)
2 Jumlah tabung hampa yang digunakan  18.000 tabung hampa.
3 Berat tabung hampa  30 ton.
4 Banyak mengeluarkan panas.
5 Kecepatan proses masih rendah.
6 Penyimpanan data masih terbatas.
7 Misalnya :
8 MARK I  komputer pertama
9 LEO (Lyon Electronic Office)  komputer komersial pertama yang dibuat di Inggris.
10 UNIVAC I (Universal Automatic Computer)  komputer komersial pertama yang dijual kepada Biro Sensus AS.
1 ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
2 EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
3 EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer)

4 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi I
Perusahaan komputer yang mengembangkan komputer generasi I adalah : IBM (terkenal dgn MARK Computer Seriesnya), Burroughs (Magnetic Drum Computer tipe E101), RCA (BIZNAC) dan Honeywell (Datamatic).

Generasi Ke - 2 (1959 – 1965)
Ciri – cirinya :
1 Menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices.
2 Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi I.
3 Penggunaan memori/storage semakin besar.
4 Proses lebih cepat.
5 Mulai digunakannya on-line data processing.
6 Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
7 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi II
IBM seri 1400, 7070–7090, IBM 1600, NCR (National Cash Register) seri 304, RCA model 501, Univac III, Univac 1107, dll.

Generasi Ke - 3 (1965 – 1970)
Ciri – cirinya :
Menggunakan IC (Integrated Circuits).
IC merupakan kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika. Ada beberapa IC, yaitu:

1 SSI (Small Scale Integration)  terdiri atas 50.000 transistor.
2 SLSI (Super Large Scale Integration)  > 500.000 transistor.

3 Menggunakan multiprocessing dan multiprogramming.
4 Menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, menerima dan menampilkan suara.
5 Menggunakan MIRC (Magnetic Ink Characters Recognation)
6 Pabrik komputer yang memproduksi Generasi III
IBM seri 360, ICL 1900, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dll

Generasi Ke - 4 (Sejak Tahun 1970)
1 Menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI.
2 Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip.
1 Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.

Contoh Generasi ke-4
1 IBM 370  komputer generasi IV yang pertama dibuat th. 1970.
2 Intel 4004  chip mikroprosesor I yang dibuat Intel Corp (1971)
3 Altair  komputer mikro I yang dibuat MITS Corp. (1974)
4 Cray-1  komputer superkomersial I (1975).
5 ARCNET LAN (Local Area Network) pertama yang dibuat Datapoint Coorporation tahun 1977.
6 Apple II  PC pertama dibuat Apple Computer tahun 1977.
7 Xerox Star  desktop komputer I dan menggunakan mouse serta windows. Dibuar Xerox Corp. tahun 1981.

Generasi Ke - 5 (1995 - Sekarang)
1 Berkembangnya software baru : Ms. Windows, OS/2, Linux, dll.
2 Komputer mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya.
ICOT (Institute for New Computer Technology) di Jepang mengembangkan komputer yang dapat berbicara dengan manusia, mendiagnosa masalah, hemat energi dan sebagainya.
Komputer Masa Depan
Komputer masa depan diharapkan dapat mempunyai kemampuan berfikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. Komputer ini menggunakan biochip yang terbuat dari bahan protein sintesis.

HARDWARE,Yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer.
Contoh: keyboard, CPU, Harddisk,Dll.

SOFTWARE, Yaitu komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem
Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, Dll.

BRAINWARE, Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya.
Contoh : Analys System, Programmer, Dll

Definisi SISTEM BILANGAN (NUMBER SYSTEM)
Adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan menggunakan basis (base / radix) tertentu yang tergantung dari jumlah bilangan yang digunakan.

Konsep Dasar Sistem Bilangan
Suatu sistem bilangan, senantiasa mempunyai Base (radix), absolute digit dan positional (place) value.

Jenis-Jenis Sistem Bilangan
Suatu sistem komputer mengenal beberapa sistem bilangan, seperti :
1.Sistem Bilangan Desimal (Decimal Numbering System).
2.Sistem Bilangan Biner (Binary Numbering System).
3.Sistem Bilangan Octal (Octenary Numbering System).
4.Sistem Bilangan Hexadesimal (Hexadenary Numbering System).

Konversi Bilangan
Setiap angka pada suatu sistem bilangan dapat dikonversikan (disamakan/diubah) ke dalam sistem bilangan yang lain. Di bawah ini dibuat konversi (persamaan) dari 4 sistem bil. yang akan dipelajari :
Dari Desimal Ke Biner, Oktal Dan Hexa
1 Bilangan Desimal  basis 10 dengan digit : 0,1,2 … , 9
2 Contoh penulisan  743 D, 743(10) , 743(D), 743(d), dll.
3 Konversi dari bilangan D ke B, O dan H dengan cara membagi bilangan D dengan basis bilangan masing-masing hingga :
sisa akhir basis  tidak dibagi lagi
 Bilangan sisa pembagian diambil dari bawah ke atas.
Dari Oktal Ke Desimal,Biner Dan Hexa
1 Bilangan Desimal  basis 8 dengan digit : 0,1,2 … , 7
2 Contoh penulisan  743 O, 743(8) , 743(O), 743(o), dll.
O  D O  B 0  H
dari kanan ke kiri place-value dikalikan dengan absolut digit bil. oktal awal. Setiap 1 (satu) bil oktal dijadikan kelompok bil. biner yang terdiri atas 3 digit. Tidak ada cara langsung mengubah oktal ke biner. Dapat dilakukan melalui biner atau desimal.
Dari Hexa Ke Desimal, Oktal Dan Biner
1 Bilangan Desimal  basis 16 dengan digit : 0 - 9 dan A - E
2 Contoh penulisan  743 H, 743(16) , 743(H), 743(h), dll.
3 Konversi dari bilangan :
H  D H  O H  B
dari kanan ke kiri place-value dikalikan dengan absolut digit bil. hexa awal. Setiap 1 (satu) bil. hexa dijadikan kelompok bil. biner yang terdiri atas 4 digit. Tidak ada cara langsung mengubah hexadecimal ke oktal. Dapat dilakukan melalui biner atau desimal.
1 Operasi Arithmatika
Operasi aritmatika yang dilakukan diantaranya : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, akar, dsb. Operasi Arithmatika yang dibahas hanya perkalian dan penjumlahan.

SISTEM PENGKODEAN
Beberapa macam kode-kode komputer yang digunakan dari komputer generasi pertama hingga generasi sekarang, yaitu :
1. Kode Hollerith
- Diciptakan oleh Dr. Herman Hollerith.
- Memiliki susunan dan aturan tertentu.
- Contoh : Kombinasi lubang pada punch card.
2. BCD Code
- Kode ini disusun kombinasi 4 buah digit biner.
- Maksimal terbentuk 24 = 16 kombinasi, tapi hanya 10 digunakan.
- Hanya dapat memuat simbol angka saja.
3. SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchange Code)
Kode ini disusun dari kombinasi 6 buah digit binary di tambah satu digit untuk parity check.
- Mulai digunakan pada komputer generasi kedua.
- Maksimal terbentuk 26 = 64 kombinasi simbol.
- Menyatakan karakteristik A - Z, 0 - 9 dan spesial karakter tertentu.
Dibagi atas 2 zone, yaitu : alpha bit position dan numeric bit position.
4. EBCDIC (Extented Binary Coded Desimal Interchange Code)
- Kode ini disusun dari kombinasi 8 buah digit binary di tambah dengan satu digit parity check.
- Mulai digunakan pada komputer generasi ketiga.
- Maksimal terbentuk 28 = 256 kombinasi simbol.
- Menyatakan karakteristik A - Z, 0 - 9 dan spesial karakter.
- Diciptakan oleh ANSI (Amerika Nasional Standard Information).
5. ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
Kode ASCII (baca “aski”) bertujuan untuk membuat kode biner standar yang dikembangkan oleh ANSI (Amerika Nasional Standard Information). Kode ASCII ini terdiri atas ASCII-7 bit dan ASCII-8 bit. Kode yang terdapat pada ASCII-8 bit jauh lebih lengkap dari ASCII-7 bit. ASCII-7 bit mempunyai kombinasi kode 27 = 127 , yaitu :
- 26 kode untuk huruf kapital (upper case) dari A – Z.
- 26 kode untuk huruf kecil (lower case) dari a – z.
- 10 digit desimal dari 0 – 9.
- 34 karakter kontrol untuk informasi status operasi komputer.
- 32 karakter khusus (special characters)

Evolusi Perkembangan TI
a. Era Komputerisasi
Periode ini dimulai sekitar tahun 60-an.
Penggunaan untuk pengolahan data (Data Processing) dan untuk meningkatkan efisiensi.
Contoh : Minicomputer dan Mainframe.
b. Era Teknologi Informasi
Periode ini dimulai pada awal tahun 1970-an.
Perpaduan dari teknologi digital dengan telekomunikasi.
PC (Personal Computer).
Desktop (seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja).
Untuk mengolah database, spreadsheet, dan data processing (end-user computing).
Sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa.
c. Era Sistem Informasi
Periode ini dimulai pada awal tahun 1980-an.
Peranan sistem informasi sebagai komponen utama.
Penekanan pada pentingnya peranan teknologi informasi.
Lebih menekankan pada penciptaan proses.

d. Era Globalisasi Informasi
Periode ini dimulai sejak pertengahan tahun 1980-an sampai dengan awal 1990-an.
Perkembangan internet dalam dunia industri, keberadaannya telah menghilangankan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of information.
Penerapan teknolgi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet dan Ekstranet.
Transaksi perdagangan melalui cyberspace, pembayaran melalui electronic payment.
Aset Utama TI
a. Aset Sumber Daya Manusia (SDM)
SDM yang dimaksud adalah para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan TI di perusahaan, seperti divisi TI, departemen Sisfo, atau bagian sejenis lainnya.
SDM menjadi aset utama jika memiliki kompetensi
Hal tersebut dicapai melalui : trainning (pelatihan), pengalaman dalam bekerja (on-the-job experience), dan kemampuan manajerial serta kepemimpinan (leadership) yang berkualitas.
Tiga dimensi utama yang harus diperhatikan sehubungan dengan aset SDM : keahlian teknis, pengetahuan bisnis dan orientasi pada pemecahan masalah.
Siklus Pengembangan TI
Analisis Kebutuhan Bisnis atau Manajemen Perusahaan (Business Requirements Analysis). Ada dua tujuan utama dari langkah awal ini yaitu :
1 Untuk mengetahui posisi atau peranan TI
2 Untuk mendefenisikan secara rinci jenis-jenis informasi yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan baik secara taktis maupun strategis
Perencanaan strategis dibidang pengembangan TI (Information Technology Strategic Planning). Outputnya berupa blue print rencana pengembangan Sisfo untuk jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang. Juga disusun teknik-teknik terkait bagi implementasi proyek tersebut.
1 Manajemen Proyek (Information Technology Project Management)
2 Secara garis besar ada tiga jenis proyek yang mendominasi perusahaan di Indonesia.

3 Segala macam proyek yang berkenaan dengan konstruksi fisik infrastruktur TI ; instalasi kabel, pengadaan komputer, sampai dengan pembangunan jaringan komputer (LAN atau WAN).
1 Implementasi dari paket perangkat lunak (application software) yang dibeli.
2 Pengembangan perangkat lunak aplikasi oleh SDM internal perusahaan (in-house custom development).
3 Manajemen Pemeliharaan Sistem (Maintenance, supports dan services)
4 Review Efektifitas Sistem Informasi (Information System Effectiveness Review)

INPUT DEVICE,
beberapa contoh dari masukan :
1. KEYBOARD
Alat Input berupa papan ketik yang
berisi tombol huruf, angka,
dan tombol khusus lainnya.
2. MOUSE
Alat kecil menyerupai tikus
yang dapat digunakan dengan
satu tangan
3. JOYSTICK
Alat yang dapat menggerakkan suatu
gambar atau kursor tertentu dalam
dalam layar monitor.
4. DIGITIZER
Media yang sering digunakan dalam
perancangan yang memerlukan
akurasi tinggi
5. SCANNER
Alat yang digunakan untuk
memasukkan gambar,
grafik dan teks ke dalam
memori komputer secara
cepat dan mudah
6. OCR (Optical Character Recognation) Hanya untuk data berupa teks saja.
7. Light Pen
Digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk grafik ke dalam komputer. Data dimasukkan dengan cara melukiskan pena pada suatu media.
8. Bar Code Reader
Pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-
barang yang dijual di toko-toko swalayan
9. Pembaca Kartu Cerdas
Sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip
yang mengandung processor, RAM, ROM dan biasa digunakan
untuk menyimpan data pasien, dat nasabah

OUPPUT DEVICE
Jenis Peranti Keluaran, yaitu Softcopy dan Hardcopy
dengan beberapa contoh :
SOFTCOPY :
1. Monitor.
Dari teknologi yang digunakan monitor ada 2 yaitu :
1 Tabung Sinar Katoda atau CRT (Chatode Ray Tube)
2 LCD (Liquid Crystal Display)
Contoh LCD :
2. Speaker
Digunakan untuk memunculkan suara.
3. Flat Panel Display
Merupakan display (tampilan) yang menggunakan LCD. LCD tidak mengeluarkan sinar seperti pada CRT. Flat Panel Display selain menggunakan LCD ada juga yang menggunakan campuran gas neon dan argon yang diisikan diantara lempengan kaca pipih berbentuk layar.

HARCOPY
Printer
adalah suatu elemen dari output device untuk menghasilkan data, gambar atau grafik dalam bentuk cetakan. Berdasarkan cara kerjanya, printer dikelompokkan menjadi :
Impact Printer (dengan ketukan)
1 Daisy Wheel Printer  mirip dg mesin ketik
2 Dot Matrix Printer  memukulkan jarum pada head.
Contoh : gambar Dot Matrix tipe LX 300+

1 Thimble Printer
2 Chain Printer
3 Band Printer
4 Drum Printer

Non-impact Printer (tanpa ketukan)
Ink Jet Printer  menyemprotkan larutan kimia.
Contoh Ink Jet Printer tipe BJC-2100SP
1 Laser Printer  sinar laser (mirip dg mesin fotocopy). Contoh Laser Printer.
2 Thermal Printer.
Contoh thermal Printer tipe Phaser 850 MDPE
1 Thermal Transfer
2 Electrostatic Printer
Plotter  Hanya untuk mencetak gambar teknik (grafik/rancangan). Biasanya digunakan dg aplikasi AUTOCAD.
Peralatan Input/Output (I/O Device)
 Modem (MOdulator – DEModulator) adalah berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Diperlukan untuk komunikasi data.
 Console (Terminal) adalah alat komunikasi antara operator dengan komputer sehingga merupakan alat (device) yang melakukan fungsi input dan output.
 Card Reader merupakan alat yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang yang terdapat pada kartu diartikan card reader sebagai suatu simbol yang dimengerti oleh komputer. Contoh Card reader
 Disk Drive (Penggerak Piringan) adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media floppy disk (disket) sebagai memori eksternal.
 Tape Drive hampir sama dengan disk drive, tetapi untuk media tape (pita)
 D-Drive adalah merupakan penggerak untuk pemakaian media Compact Disk (CD).
 CD-ReadWriter adalah merupakan alat membaca dan menulis pada Compact Disk (CD).
Central Processor Unit ( CPU )
Central Processing Unit (CPU) merupakan jantung daripada komputer, yang mana merupakan pusat pengolahan serta pusat pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer yang sedang melaksanakan pekerjaannya. Contoh CPU dari depan
Bagian-bagian dari CPU :
.Arithmetic & Logical Unit (Alu)
Adalah bagian yang melaksanakan operasi perhitungan dan logika
B. Control Unit / Section
Adalah bagian yang bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data, seperti : mengontrol cara kerja Input dan Output devices, pelaksanaan tugas ALU.
C. Memori / Storage
Merupakan Alat penyimpanan data.
Memory / Storage
Memory/storage unit adalah tempat menampung atau tempat menyimpan data/program yang merupakan suatu ELECTRONIC FILING CABINET (hardware) dalam suatu sistem komputer.
Istilah yang terdapat dalam memori :
1 DARI KEBUTUHANNYA
Primary memory device  pemakaiannya suatu keharusan.
Secondary memory device  bersifat tambahan saja
2 DARI LETAKNYA
Internal memory device  dalam prosesor (RAM,ROM)
Eksternal memory device  luar prosesor (disk, tape)
3 DARI ISI MEMORI
Permanent memory device  isi tetap jika listrik mati (disk, tape,ROM)
Non-permanent memory device  isi berubah jika listrik mati (RAM)

A. Defnisi Software
Software adalah komponen data prosesing yang berupa program-program dan teknik-teknik lainnya untuk mengontrol sistem komputer.
B. Klasifikasi Software
Sistem Operasi (Operating System / OS)
Adalah kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan prosesing dalam sistem komputer. Tanpa OS sistem komputer tidak berjalan.
Berdasarkan fungsinya OS terdiri dari 2 bagian, yaitu:
a. Control Program
b. Processing Program
Jenis-Jenis OS
1 DOS (Disk Operating System)
2 OS/2 (Operating System/2)
3 Machintosh
4 UNIX, XENIA, AIX
5 MS Windows
6 LINUX
Bahasa Pemrograman (Programming Language / PL)
Program yaitu kumpulan dari beberapa instruktsi.
Kumpulan aturan dalam suatu bahasa disebut syntax. Program komputer yang mengandung syntax yang keliru atau biasa disebut juga dengan kesalahan syntax (syntax errors), tidak dapat dijalankan.
Klasifikasi Bahasa Pemrograman
a. Generasi Pertama
Yang berorientasi pada mesin
b. Generasi Kedua
Yang menggunakan bahasa rakitan (assembly).
C. Generasi Ketiga
Generasi yang menggunakan pendekatan prosedural.
Contoh : Algol, C, Basic, Cobol, Fortran, dan Pascal
d. Generasi Keempat
Yang dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram dalam membuat program.Contoh Seorang pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.
e. Generasi Kelima
Yang merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
Berbagai aplikasi kecerdasan manusia:
1 Pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing)
2 Pengendalian robotika dengan sensor mata
3 Aplikasi Sistem Pakar (Expert System)
Secara garis besar, bahasa pemrograman terbagi atas 3 (tiga) tingkatan yaitu :
1. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Co/. Bahasa Mesin, Assembler.
2. Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)
Co/. Bahasa C.
3. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Terbagi dua, yaitu :
a.Berorientasi pada Prosedur (Procedure Oriented Language), Terbagi dua :
- Masalah Ilmiah (Science), Co/. PASCAL, FORTRAN, DLL
- Masalah Bisnis (Business), Co/. COBOL, PL/1 DLL.
b. Berorientasi pada Masalah (Problem Orientad Language)
Co/. RPG.

Utilitas
Yaitu Program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.
Contoh : Format Disk, ScanDisk, Disk Defragmenter.
Device Driver
Yaitu Program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral dan biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi Perangkat Keras.
Translator
1. Interpreter
2. Compiler
Pengelompokan Perangkat Lunak
Berdasarkan Fungsinya Perangkat dibagi 2 golongan:
1. Perangkat Lunak Aplikasi
2. Perangkat Lunak Sistem
Berdasarkan cara mendapatkan Perangkat Lunak dan hak Pemakaian dapat digolongkan pada :
Perangkat Lunak Komersial, Perangkat Lunak Domain-Publik, Shareware, Freeware, Rentalware, Free Software dan Open Software
Antar Muka Pemakai
Yaitu Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer, yang dapat berupa :
- Menggunakan antarmuka Command-Driven
- Menggunakan antarmuka yang disebut GUI
Perangkat Lunak
Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan yaitu:
1. Perangkat Lunak Hiburan
2. Perangkat Lunak Pendidikan
3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
4. Perangkat Lunak Bisnis
5. Perangkat Lunak Khusus

Software Suite
Yaitu kumpulan beberapa proram yang dikemas menjadi satu.
Contoh : Microsoft Office, Lotus SmartSuite, StarOffice

BASIS DATA
Defenisi
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang tersimpan di komputer dan diperlukan software untuk memanipulasi. Pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.
Struktur Data dan Basis Data
1 Karakter yaitu berupa angka,hurup, atau karakter khusus
2 Field yaitu menyatakan data terkecil yang memiliki makna
3 Record yaitu kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait
4 Tabel yaitu yang menghimpun sejumlah record
5 Basis Data (Database)
DBMS
Adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data.
Keuntungan penggunaan DBMS :
1 Independensi Data
2 Pengaksesan Yang Efisien terhadap Data
3 Keamana dan Integritas Data
4 Administrasi Data
5 Akses Bersamaan dan Pemulihan terhadap Kegagalan
6 Waktu Pengembangan Aplikasi Diperpendek.
Jenis Database Menurut Pengaksesan
Dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu Basis Data Individual, Basis Data Perusahaan, Basis Data Terdistribusi dan Bank Data Publik.
Model Data
Adalah Sekumpulan konsep terintegrasi yang dipakai untuk menjabarkan data, hubungan antardata.
Terdiri dari :
1. Model Data Hirarkhis
2. Model Data Jaringan
3. Model Data Relational
4. Model Data Berbasis Objek.
Data wahrehouse dan Data Mart
Data Warehouse adalah Data yang menampung data sejarah yang cukup panjang dapat 5 sampai dengan 10 tahun.
Data Mart adalah Data warehouse yang mendukung kebutuhan pada tingkat departemen atau fungsi bisinis tertentu dalam perusahaan.
OLAP
Adalah Sejenis Perangkat Lunak yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap data dalam bentuk yang kompleks dan bersifat sementara.Tujuan OLAP adalah menggunakan informasi dalam sebuah basis data (data Warehouse).OLAP dapat digunakan untuk melakukan Konsolidasi, Drill-Down, dan Slicing and Dicing.
Data Mining
Adalah Perangkat Lunak yang ditujukan untuk mengidentifikasi trend atau pola yang terdapat pada himpunan data yang sangat banyak dengan sedikit masukan dari pemakai.
ERP
Merupakan Perangkat Lunak yang berfungsi untuk menangani manajemen produksi dalam perusahaan. Menurut Deloitte dan Touche ERP sebagai paket sistem perangkat lunak bisnis yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk (1) mengotomasikan dan mengintegrasikan kebanyakan proses bisnis mereka, (2) berbagi data yang umum dan praktis dalam keseluruhan perusahaan, (3) menghasilkan dan megakses informasi di dalam lingkungan waktu nyata.
Komponen DBMS
Dapat terdiri dari :
1. Kamus Data
2. Utilitas
3. Pembangkit Laporan
4. Pembangkit Aplikasi
5. Pengatur Keamanan Akses
6. Pemulihan Sistem
SQL
Adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang tergolong relasional.
Pernyataan SQL dapat berupa SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, CREATE TABLE, DROP TABLE, GRANT, REVOKE.

JARINGAN
Definisi Jaringan
Adalah suatu himpunan interkoneksi (interconnected) sejumlah komputer autonomous. Dua buah komputer dikatakan saling tersambung bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk hubungannya tidak melalui kawat tembaga saja tapi bisa menggunakan serat optik, gelombang mikro dan satelit komunikasi.
Peranan Telekomunikasi
1. ATM
2. Telekonferensi
3. Telecommuniting
4. Komputasi Grup Kerja (Workgroup Computing)
5. EDI (Electronic Data Interchange)
Mengenal Jenis Isyarat
1. Isyarat Analog
Biasa disebut isyarat kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dengan ciri memiliki amplitudo dan frekuensi.
2. Isyarat Digital
Biasa disebut isyarat diskret yang tersusun atas dua keadaan disebut bit yaitu keadaan 0 dan keadaan 1.
Laju Data
Dapat dinyatakan dengan :
1. Laju Bit (Bit Rate)
2. Laju Baud
Spektrum Frekuensi

Yaitu suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat.
Transmisi Serial dan Paralel
1. Transmisi Serial
Dimana transmisinya pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan secara bergantian.
2. Transmisi Paralel
Dimana transmisi sejumlah bit dikirimkan per waktu.
Konfigurasi Jalur Komunikasi
Yaitu cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi.
1. Titik ke Titik (Point to Point)
Menghubungkan secara khusus dua buah peranti yang hendak berkomunikasi yang dapat diterapkan pada dua buah komputer yang berkomunikasi.
2. Multititik (Multipoint)
Hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi.
Arah Transmisi
1. Simplex, yaitu Arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah.
2. Half-Duplex, yaitu Hubungan dua arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian
3. Full-Duplex, yaitu hubungan dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan.
Mode Transmisi
1. Transmisi Asinkron (Asynchronous Transmision)
Yaitu mengirimkan data per karakter.
2. Transmisi Sinkron ( Synchronous Transmision)
Yaitu mengirimkan data per blok (sejumlah karakter).
Multiplexing
Adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi dan dapat dilakukan dengan teknik:
1. FDM (Frequency-Division Multiplexing), Diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.
2. TDM (Time-Division Multiplexing), Digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media yang hanya memiliki satu jalur.
Media Transmisi
1. Media Berkabel
- Kabel pasangan terpilin (Twisted Pair)
Unshielded Twisted Pair (UTP) = Kabel belitan ganda tak berpelindung
Contoh :
- Kabel Koaksial (Coaxial Cable atau Coax)
a. Thicknet Coaxial Cabel
b. Thinnet Coaxial Cabel
- Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
2. Media Tak Berkabel
- Mikrogelombang (microwave)
- Satelit
- Gelombang Radio
- Inframerah
Jaringan Komputer (Computer Network)
Manfaat penggunaan jaringan :
1. Berbagi Perangkat Keras
2. Berbagi Program atau Data
3. Mendukung Kecepatan Berkomunikasi
4. Memudahkan Pengaksesan Informasi.
Klsifikasi Jaringan Komputer
Ditinjau dari geografis jaringan dapat dibagi :
1. Local Area Network( LAN)
Adalah jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus.
Menurut tipenya LAN dapat berupa :
a. Client/Server
b. Peer-to-Peer
2. Metropolitan Area Network (MAN).
Merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan memakai teknologi yang sama dengan LAN dengan rentang sekitar 10-45 km.
3. Wide Area Network (WAN)
Mencakup daerah geografis yang luas, sebuah negara atau benua.
Topologi Jaringan
Adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara di mana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi Fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan. Topologi Logika menguraikan erilaku komputer pada jaringan, dari sudut pandang operator manusianya.
1. Topologi Fisik
Kebanyakan jaringan menggunakan salah satu dari 2 jenis topologi fisik, yaitu :
a. Linear bus
Contoh : Linier BUS
b. Ring
Contoh : Topologi RING
c. Star
Contoh :
Topologi STAR
d. Topologi Pohon
Protokol Komunikasi
Suatu tata cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesan) antara dua buah sistem dalam jaringan dengan standar OSI yang ditentukan ISO.
Standar OSI dapat didefinisikan dengan 7 lapisan, yaitu :
APLIKASI, PRESENTASI, SESI, TRANSPORT, JARINGAN, DATALINK,FISIK.
Interkoneksi Antar Jaringan
Yang menyatakan hubungan antara dua buah jaringan atau lebih dengan menggunakan peranti-peranti khusus, yaitu :
1. Kartu penghubung jaringan (Network Interface Card = NIC) contohnya :
2. HUB (Konsentrator)
3. Repeater
4. Bridge
5. Router
6. Gateway

INTERNET
Definisi Internet
Internet adalah suatu jaringan antar komputer yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio, sehingga komputer-komputer yang terhuung tersebut dapat saling berkomunikasi. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan sebuah nomor yang unik, dan berkomunikasi satu sama lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol. Protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ).
Sebagian aktivitas yang dapat ditangani oleh Internet:
1. Sistem pembelajaran jarak jauh
2. Sistem telepon
3. Pencarian Lowongan kerja
4. Transfer Uang.
Sejarah Singkat Internet
Berasal dari ARPANet, suatu proyek yang dimulai dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, suatu percobaan dalm reliable networking (jaringan secara terpercaya) untuk menghubungkan antara DOD dengan kontraktor penelitian militer, termasuk sejumlah besar universitas yang melakukan penelitian dengan dana militer. ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency, cabang dari Defence ( Pertahanan )yang mempunyai kewajiban membagi-bagikan uang grant. Sehingga menjadi DARPA ( Defence-ARPA ). ARPANet mulai dengan 3 komputer kecil yang dikoneksi di California digabungkan dengan satu di Utah, tetapi secara cepat berkembang di seluruh kontinen. Internet ini mulai tumbuh pesat pad dekade 1990.
Cara Mengakses Internet
Ada berbagai cara dalam mengakses Internet yaitu Warung Internet, Sarana Internet pada Perusahaan atau Kampus, dan dengan cara berlangganan.
Koneksi ke Internet
Pelanggan ISP Internet
Mengenal Alamat IP (Internet Protocol)
Alamat IP dapat juga dengan melalui nama domain
Contoh : bsi.ac.id
Sumber Daya Internet
1. E-mail 6. FTP
2. Newsgroup 7. Gopher
3. Mailing List 8. Archie
4. IRC 9. Veronica
5. Telnet 10. WAIS
Surat Elektronis
Banyak digunakan dengan alasan mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaian.
Isi E-Mail :
To : menyatakan alamat e-mail
Cc : singkatan dari carbon copy, menyatakan alamat e-mail orang lain yang mendapat tembusan surat.
Bcc : singkatan dari blind carbon copy, menyatakan orang yang mendapatkan tembusan tetapi yang disebut dalam to tidak mengetahui bahwa alamat e-mail ditembuskan ke orang lain
Subject : menyatakan inti dari surat

BROWSING
Definisi Browsing
Jika kita ingin menjelajahi World Wide Web maka kita membutuhkan sebuah aplikasi (software) yang sering disebut Browser. Ada beberapa Browser yang lazim digunakan yaitu Netscape Navigator atau Netscape Comunicator, Internet Explorer, Opera dan Spry Mosaic.
Browser digunakan untuk mencari informasi di internet atau untuk menelusuri web site dari seluruh jaringan internet di seluruh dunia. Untuk mencari informasi atau menelusuri web site kita dapat langsung menuju pada alamat web site yang dituju atau dengan mesin pencari (Search Engine ).
Struktur Alamat Web
Contoh :
http ://www.bsi.ac.id/
Keterangan :
http : Service transfer yang digunakan di dalam web, selain http (HyperTex Transfer Protokol ) juga ada FTP (File Transfer Protokol ).
www : Alamat informasi di internet, WWW (world wide Web)
bsi.ac.id : Alamat informasi yang dituju atau yang diinginkan dalam internet.

Web site dan Web Hosting
Website atau situs adalah sebuah lokasi di internet yang memiliki akses ke semua pengguna internet dan dapat saling bertukar dokumen dengan cara menghubungkan satu sama lain dalam suatu jaringan yang saling terhubung melalui jaringan komunikasi seperti kabel telepon.
Webhosting adalah tempat seseorang bisa menyimpan data atau dokumen di sebuah web server dan data atau dokumen ini tersambung dengan internet dengan harapan dapat diakses oleh orang lain.





No comments: