Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/20

Cake Chiffon Cokelat

Cake Chiffon Cokelat


Kontributor: Odilia Winneke
Bahan:

7 putih telur ayam
100 g gula pasir berbutir halus
½ sdt cream of tartar
150 g gula pasir berbutir halus
5 kuning telur ayam
100 ml minyak sayur
125 ml susu cair
75 g cokelat masak, cincang

Ayak jadi satu:

175 g tepung terigu
25 g cokelat bubuk berkualitas bagus
1 sdt baking powder
½ sdt soda kue

Cara membuat:
Siapkan loyang chiffon cake. Alasi dasarnya dengan kertas roti (tidak perlu disemir margarin). Sisihkan. Kocok putih telur, gula dan krim of tartar hingga kaku dan lembut. Taruh campuran terigu, gula pasir (150 g) dalam mangkuk. Aduk rata. Buat lubang di tengahnya. Tuangkan telur, susu, dan minyak ke dalam lubang ini sambil aduk-aduk hingga rata. Tambahkan setengah bagian putih telur kocok ke dalam adonan, aduk rata. Tambahkan sisa putih telur lagi, aduk rata.
Masukkan cokelat cincang, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan hingga bersuhu 160 C. Panggang selama 1 jam. Naikkan suhu oven hingga 180 C, panggang kembali selama 15 menit. Angkat, balikkan loyang (jika loyang berkaki) hingga adonan dingin. Jika loyang tak berkaki, masukkan lobang loyang ke dalam leher botol bir, biarkan hingga dingin. Keluarkan dari loyang. Potong-potong dan sajikan.


Untuk 16 potong
Cake Marmer

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:
250 g tepung terigu Segi Tiga Biru
1 sdt baking powder
250 g mentega/margarin
250 g gula kastor
½ sdt vanili bubuk
5 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya
100 g cokelat masak /dark cooking chocolate, lelehkan

Cara membuat:
Semir loyang bundar 20 cm dengan margarin. Taburi sedikit tepung terigu hingga rata. Panaskan oven hingga bersuhu 180 C. Campur tepung terigu dan baking powder. Sisihkan.
Kocok mentega, gula, dan vanili hingga lembut. Masukkan kuning telur satu per satu sambil kocok hingga rata. Tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil aduk rata. Kocok putih telur hingga kaku lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Ambil 10 sdm adonan, campur dengan cokelat leleh. Sisihkan. Tuangkan adonan putih hingga setengah tinggi loyang. Masukkan adonan cokelat sesendok demi sesendok di atasnya. Tuangi lagi dengan sisa adonan putih. Aduk dengan garpu, dengan gerakan memutar hingga adonan cokelat bercampur dengan adonan putih dan membentuk pola marmer. Ratakan. Panggang dalam oven panas selama 45 menit hingga matang. Angkat, keluarkan dari oven. Dinginkan, potong-potong. Sajikan.


Untuk 12 potong
Muffin Cokelat

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:

100 g margarin/mentega
100 g gula pasir
2 butir telur ayam
100 g tepung terigu
½ sdt baking powder
100 g cokelat masak, lelehkan
50 g cokelat masak, cincang

Cara membuat:
Kocok margarin dan gula hingga lembut dan kental. Masukkan telur satu per satu sambil kocok hingga rata. Tambahkan tepung terigu dan baking powder. Aduk rata. Tuangi cokelat leleh, aduk rata. Tambahkan cokelat cincang, aduk rata. Tuang ke dalam loyang muffin. Ratakan. Panggang dalam oven panas 180 C selama 20 menit hingga matang. Angkat, dinginkan.


Untuk 8 buah
Pancake

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:

250 g tepung terigu Segitiga Biru
½ sdt baking powder
1/8 sdt garam halus
50 g (5 sdm peres) gula halus
20 g (2 sdm peres) susu bubuk
150 ml susu cair
3 butir telur ayam
10 g (1 sdm peres) margarin, lelehkan
100 ml air

Cara membuat:
Campur tepung terigu dan semua bahan kering hingga rata. Tambahkan susu, telur, dan margarin leleh, dan air. Aduk dengan pengocok kawat atau sendok kayu hingga menjadi adonan yang licin. Biarkan adonan selama 15 menit. Panaskan wajan dadar antilengket di atas api sedang. Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke atas wajan hingga berbentuk bundar dengan diameter 10 cm. Masak hingga matang. Angkat. Kerjakan yang sama dengan sisa bahan.
Sajikan hangat dengan selai, keju atau sirop maple.


Untuk 12 buah
Puding Karamel

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan Karamel:

75 g gula pasir
1 sdm air

Puding:

3 butir telur ayam
75 g gula pasir
250 ml susu cair

Cara membuat:
Panaskan oven hingga mencapai suhu 180C.
Karamel: Panaskan gula di atas api kecil. Biarkan hingga kuning keemasan dan seluruh gula leleh. Tambahkan air aduk rata. Angkat. Tuangkan karamel di pinggan atau dalam cetakan bervolume 100 ml. Biarkan hingga agak keras. Puding: Kocok telur dan gula hingga gula larut.
Tambahkan susu, aduk rata. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi karamel. Siapkan loyang, isi dengan air. Taruh pinggan di atas loyang hingga setengah tinggi loyang terendam air. Panggang dalam oven selama 60 menit hingga adonan susu membeku. Angkat, dinginkan. Sajikan.


Untuk 4 orang
Puding Busa Buah

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:

400 ml susu cair
100 g gula pasir
1 bks (7 g) agar-agar bubuk putih
2 putih telur ayam
200 g cocktail buah kalengan, tiriskan

Pelengkap:

250 g cocktail buah kalengan

Cara membuat:
Masak susu, gula, dan agar-agar sambil aduk-aduk hingga mendidih. Angkat. Kocok putih telur hingga kaku. Masukkan adonan agar-agar sedikit-sedikit sambil kocok rata. Tambahkan cocktail buah, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan. Biarkan hingga dingin dan keras. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan. Potong-potong. Sajikan dingin bersama cocktail buah.


Untuk 12 potong
Puding Almond Kelengkeng

Kontributor: Odilia Winneke; Foto Repro

Bahan:

700 ml susu cair
1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk putih
100 g gula pasir
1 sendok the almond bubuk
½ sdt esens almond
1 kaleng (225 g) kelengkeng kalengan
50 ml sirop leci
100 ml air matang
4 buah manisan ceri, potong-potong

Cara membuat:
Campur susu, agar-agar, gula, dan almond bubuk. Jerangkan di atas api kecil sambil aduk-aduk hingga mendidih. Angkat, aduk-aduk hingga uapnya hilang. Tambahkan esens almond, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang dan biarkan hingga dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong dadu 2 cm. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan. Tiriskan kelengkeng. Ambil airnya, tambahkan air matang dan sirop leci. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan. Taruh puding di mangkuk-mangkuk saji. Beri kuah kelengkeng dan buah kelengkeng. Taburi ceri merah. Sajikan dingin.


Untuk 6 orang
Puding Cokelat Saus Moka

Kontributor: Odilia Winneke

Bahan:

600 ml susu cair
25 g cokelat bubuk
100 g cokelat masak pekat, cincang
100 g gula pasir
1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk putih
2 kuning telur ayam, kocok

Saus:

500 ml susu cair
100 g gula pasir
50 g cokelat masak pekat, cincang
1 sdm kopi bubuk instan
1 kuning telur ayam, kocok
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
Taruh susu, cokelat bubuk, cokelat masak, gula, dan agar-agar dalam panci. Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga cokelat larut dan susu mendidih. Kecilkan api. Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur hingga rata. Tuangkan kembali ke dalam adonan susu. Masak hingga mendidih. Angkat. Aduk-aduk hingga uapnya hilang. Tuangkan ke dalam cetakan bervolume 125 ml yang sudah dibasahi air matang. Biarkan hingga dingin. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan. Sajikan puding dengan sausnya.

Saus:
Rebus susu, gula, cokelat, dan kopi hingga mendidih. Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur, aduk rata. Tuangkan kembali ke dalam adonan susu. Tuangi larutan maizena, aduk-aduk hingga kental. Angkat dan dinginkan.


Untuk 6 buah
Puding Busa Cokelat

Kontributor: Odilia WinnekeBahan:

600 ml susu cair
100 g cokelat masak pekat/dark cooking chocolate
75 g gula pasir
1,5 bungkus agar-agar bubuk putih
1 kuning telur ayam, kocok
3 putih telur ayam

Cara membuat:
Masak susu bersama cokelat, gula & agar2 hingga cokelat & gula larut serta adonan agar2 mendidih. Ambil sedikit adonan agar2, aduk dengan kuning telur, tuang kembali ke dalam adonan agar. Aduk rata. Angkat, aduk-aduk hingga agak hangat. Kocok putih telur hingga kaku.
Tuangkan adonan agar-agar panas sedikit-sedikit sambil kocok hingga tercampur rata. Tuang adonan ke dalam loyang bervolume 1,5 liter. Biarkan hingga mengeras/beku. Potong-potong dan sajikan.


Untuk 16 potong
Puding Cokelat Biskuit

Kontributor: Odilia WinnekeBahan:

1300 ml susu cair
100 g cokelat masak, potong kecil
100 g gula pasir
2 bungkus @ 7 g agar-agar bubuk putih
2 kuning telur ayam, kocok
100 g biskuit tawar, memarkan halus

Taburan:

100 g cokelat masak, serut halus

Cara membuat:
Basahi loyang puding bervolume 1,5 liter dengan air matang. Sisihkan. Campur susu bersama cokelat, gula dan agar-agar. Masak di atas api kecil sambil aduk-aduk hingga mendidih. Ambil sedikit adonan agar-agar, campur dalam telur kocok, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam adonan agar-agar, aduk hingga rata. Tambahkan biskuit halus, aduk rata. Angkat. Aduk-aduk hingga uapnya hilang. Tuangkan ke dalam loyang puding. Biarkan hingga dingin dan mengeras.
Simpan dalam lemari es sampai saat disajikan. Taburi cokelat serut. Sajikan dingin.

Untuk 20 potong

No comments: