Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/26

Wisata Candi Borobudur

September 11, 2005

Wisata Candi Borobudur

Pic from http://www.lotuspro.net
Wisata Purbakala Peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia.

You Can Translate this article via : http://www.toggletext.com/kataku_trial.php

About Candi Borobudur :
Dari Wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Borobudur

Banyak teori yang berusaha menjelaskan nama candi ini. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara, yaitu artinya “gunung” (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu banyak beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata borobudur berasal dari ucapan “para buddha” yang karena pergeseran bunyi menjadi “borobudur”. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata “bara” dan “beduhur”. Kata “bara” konon berasal dari kata vihara, penjelasan lain , “bara” berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara. dan “beduhur” artinya ialah “tinggi”, atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang berarti di atas . Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yang berada di tanah tinggi.

Sejarahwan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar Doktor pada 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan. Berdasarkan prasati karangtengah dan kahulunan. Casparis memperkirakan, pendiri Borobudur adalah Raja dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga sekitar 824 M. bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani.Pembangunan Borobudur dibangun diperkirakan memakan waktu setengah abad.

Lokasi :
Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang
± 40 km jaraknya dari Yogyakarta dan 10 km jauhnya dari Kota Magelang

Route :
From Adisucipto - go to West enter to Nort Ring Road until cross Jl. Magelang - Turn Right - Until sign to Borobudur Temple

Map Borobudur

Another Info :
http://wikitravel.org/en/Borobudur

Another Picture :
Borobudur





No comments: