Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/17

Tuberculosis

Tuberculosis

Tuberculosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan terutama oleh Mycobacterium tuberculosis. Penularannya terjadi melalui inhalasi udara yang terkontaminasi oleh mycobacterium, dimana kontaminasi terjadi akibat sekret yang dikeluarkan saat penderita TB sedang batuk, bersin ataupun berbicara.

Selanjutnya, mycobacterium yang terinhalasi akan dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh. Namun adakalanya, mycobacterium tidak dihancurkan melainkan berada dalam fase dormant selama beberapa tahun. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri dormant tersebut dapat kembali menjadi aktif. Infeksi TB biasanya berawal dari paru-paru (pulmonary tuberculosis), selanjutnya dapat disebarkan melalui darah ke bagian tubuh yang lain (extrapulmonary tuberculosis), seperti: otak, persendian dan kandung kemih.
l TB merupakan salah satu penyakit infeksi yang prevalensinya paling tinggi di dunia. Berdasarkan laporan WHO (2003), sepertiga populasi dunia, yaitu sekitar 2 milyar penduduk, terinfeksi Mycobacterium tuberculosis. Lebih dari 8 juta populasi terkena tuberkulosis aktif setiap tahunnya dan sekitar 2 juta meninggal. Lebih dari 90% kasus TB dan kematian berasa! dari negara berkembang, dimana 75% kasus terjadi pada usia produktif (15- 54 tahun).
2 Indonesia saat ini merupakan negara dengan jumlah penderita TB Paru dengan Bakteri Tahan Asam (BTA) positif terbanyak ketiga diantara 22 negara di dunia yang mempunyai beban tertinggi terhadap TB, setelah India dan China. Berdasarkan data WHO tahun 2001, perkiraan penderita TB dengan BTA positif di Indonesia adalah 261.000 penduduk.
3 Upaya untuk mengontrol kejadian TB telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui strategi Directly Observed Therapy Short Course (DOTS). Strategi DOTS merupakan suatu program internasional yang diperkenalkan sejak awal tahun 1990-an. Strategi ini mencakup diagnosis TB, pemberian kemoterapi (terapi obat) TB, dan semua aspek manajemen pendukung yang penting.2 Dalam edisi ini akan dibahas lebih lanjut mengenai strategi DOTS, terapi TB dengan menggunakan kombinasi obat anti TB, pemberian vaksin TB, serta multidrug-resistant TB. (yiw)








Kepustakaan
1. Berkow-R, Beers 1VIH, Bogin RM, Fletcher A). Merck Manual of Medical Information. Home edition ed. New_ York: Pocket Books; 1997.

2. Anonymous. Treatment of tuberculosis: Guidelines for national programme. In. Geneva: World Health Organization; 2003.

3. Anonymous. Penemuan penderita baru dan keberhasilan pengobatan indikator keberhasilan penanggul. In: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2004.

No comments: