Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/23

Danau Singkarak

Danau Singkarak - Solok

March5
singkarak1

Perjalanan menuju Danau Singkarak dari Padangpanjang tak terlalu lama, hanya 30 menit. Dan kami mulai mencari tempat parkir di pantainya. Masuk menuju tempat wisata Tanjung Mutiara, ternyata tempat wisata tersebut tak begitu menarik. Ada perahu wisata yang bisa disewa untuk berkeliling di sekitar danau, muat sekitar 20an orang, ada perahu yang dikemudikan berdua. Tapi sangat jarang pengunjung yang memanfaatkan perahu itu, mungkin sewanya yang juga cukup mahal. Yang banyak adalah anak-anak kecil berenang di pantainya. Cuaca lumayan cerah namun berawan tebal, di beberapa sudut danau masih bisa terlihat kecantikan tersembunyi Danau Singkarak yang menunggu penataan lebih lanjut. Ya, keindahan itu masih terkubur.

Danau Singkarak dengan luas sekitar 108km persegi adalah danau terbesar ke-2 di Sumatra setelah Danau Toba. Keunikannya adalah budidaya ikan Bilih yang hanya bisa dilakukan di Danau Singkarak ini. Sebagian besar orang di kampung atau nagari di sekitarnya bertahan hidup dengan menjadi nelayan dan budidaya ikan bilih.

singkarak

Kemudian kami menuju rumah sahabat Arcon, beruntung dia baru melakukan ritual pernikahan. Adat di Solok masih dipegang erat. Budaya matrilinial masih turun-menurun diwariskan. Pihak perempuan menjadi pewaris sah segala harta keluarga. Rumah gadang mempunyai kamar sejumlah anak perempuan yang dipunyai, dan hanya perempuan yang mempunyai kamar karena laki-laki nantinya kalau menikah akan ikut istrinya.

masakanpadang

Beruntung pula akhirnya kami bisa mencoba masakan padang yang asli buatan rumah, apalagi beberapa adalah masakan yang khusus dibuat untuk pesta. Seperti misalnya rendang, makanan ini sebenarnya jarang dibuat karena membutuhkan waktu yang berhari-hari untuk membuatnya, dan rendang yang asli bisa bertahan beberapa hari pula tanpa dimasak. Ada pula ikan bilih, ikan rinuak, dan ketan yang dimakan dengan pisang. Perjalanan pulang kali ini dengan perut penuh karena saat mampir sekalian mengantarkan ke pengantin perempuan kami harus makan lagi. Terlarang hukumnya kalau tak makan…, tidak menghargai nyonya rumah…



Danau Singkarak PDF Print
20-01-2007
Danau Singkarak merupakan Danau terluas ke-2 di Sumatera setelah Danau Toba. Danau yang terletak pada ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut ini merupakan habitat dari spesies ikan hias yang hanya hidup di Danau ini saja. Masyarakat setempat menyebutkan " Ikan Bilih ". Yang menjadi keunikan dari ikan ini, ia tidak dapat dibudidayakan di luar habitatnya.

Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.

Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) merupakan spesies ikan yang diperkirakan hanya hidup di danau ini[1], dan menjadi salah satu makanan khas.


Bup-Wabup.jpg

Bupati dan Wakil Bupati Solok

cottage.jpg

Cottage cottage di pinggiran Danau Kembar

convention.jpg

Convention Hal di Alahan Panjang

Danau_Singkarak_dr_Puncak_Merpati.jpg

Danau Singkarak dilihat dari puncak Gunung Merapi, dibelakang terlihat samar samar Gunung Talang

Danau_Singkarak_3.jpg

Hamparan sawah penghasil di pinggiran Danau Singkarak, penghasil Bareh Solok yang terkenal

Danau_Singkarak_4.jpg

Gunung Singgalang dan Merapi dari kejauhan

P7290424.jpg

Danau Singkarak, penghasil ikan bilih yang terkenal

Danau_Singkarak_1.jpg

Gunung Merapi dilihat dari Danau Singkarak

GOR Batutupang1.jpg

Komplek GOR Batu Tupang

gor.jpg

Gerbang Masuk GOR Batu Tupang

P1200028.jpg

Danau Diatas

bitehkacang.JPG

Rest Area Biteh Kacang di pinggiran Danau Singkarak, yang akan dikembangkan menjadi gerbang wisata utara Kabupaten Solok

kebuntehvi.jpg

Perkebunan teh PTPN Gunung Talang

gazebo.jpg

Panorama Danau Kembar, sebuah bukit yang berada diantara kedua danau

lombadayung.jpg

Lomba Dayung di Danau Singkarak





Danau-danau Cantik di SumBarApr 20, '06 12:11 AM
for everyone
karena saya tidak terlalu pandai memotret :( ada beberapa yang terasa "lebih gelap" dari aslinya. percayalah, aslinya lebih cantik...
hehehehe...





danau atas backgrnd asap gn. talang




mendung di danau atas




anty di kebun bunga danau bawah
2 Comments




danau bawah dari atas




menunggu uda di danau bawah




maninjau tertutup kabut puncak lawang




terasa kecil disini :P




maninjau dari puncak lawang




ayo berlayar mengelilingi maninjau
2 Comments




PLTA danau maninjau




air maninjau hijau jernih




singkarak biru cerah




air beriak tapi dalam...sumpe!




singkarak dari panthernya dayun




kutunggu kau diseberang danau singkarak

Prev: Akikah Nesha
Next: Arsitektural Minangkabau

No comments: