Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

2008/11/29

Dana Rp 1 Miliar untuk Promosikan Batik Pekalongan

Dana Rp 1 Miliar untuk Promosikan Batik Pekalongan
Blus pendek dari batik Pekalongan, dengan hiasan ruffle dan tanpa lengan, ini bisa juga menjadi pasangan bagi celana atau rok jeans.
Sabtu, 29 November 2008 | 19:25 WIB

BANDUNG, SABTU - Pemerintah Kota Pekalongan akan memfokuskan bantuan terhadap usaha kecil menengah (UKM) sektor batik tahun 2009, dalam bidang pemasaran. Jumlah dana itu direncanakan sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Pekalongan, Slamet Prihantono di Bandung, Sabtu (29/11), mengatakan, kepastian tentang jumlah anggaran diperkirakan diketahui pada Desember 2009. Salah satu dorongan terhadap pemasaran tersebut yaitu, rencana diselenggarakannya Pekan Batik Internasional (PBI) di Pekalongan pada April 2009.

Pameran selama satu minggu itu menghadirkan berbagai batik dari seluruh Indonesia. Slamet mengatakan, PBI adalah acara dua tahun sekali. Di Pekalongan terdapat sekitar 600 pelaku UKM bidang batik. Adapun jumlah seluruh UKM di kota itu mencapai 6.000 unit. Bentuk dukungan promosi lainnya yaitu, sejumlah pelaku UKM akan diikutsertakan dalam berbagai berbagai pameran di dalam negeri.

Pemilik Batik Larissa Pekalongan, Eddywan mengatakan, usahanya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Pekalongan untuk mempromosikan produknya. Dalam setahun, dia bisa mengikuti lima hingga enam kali pameran di berbagai daerah.

No comments: